• Home
  • Videography
  • Course
  • About
More

    Cara Membuat Video Untuk Media Sosial( youtube, facebook, Instagram)

    Mengunggah video ke sosial media tentu semua orang menginginkan interaksi yang tinggi  dan ketertarikan yang baik untuk video kita,melalui berbagai platform sosial media.

    Sebelum menentukan bagaimana audiece akan berinteraksi dengan video, ada baiknya kita menjawab beberapa pertanyaan dalam membuat video untuk media sosial,misalnya:

    1. Apakah video akan menggunakan   suara dubbing atau musik.
    2. Berapa lama durasi video yang akan kita buat.
    3. Apakah menyertakan link tautan dalam  video.
    4. Apakan kita akan menggunakan video teaser untuk  mengarahkan  penonton  ke chanel dimana kita mengupload video secara utuh?.

    Pertanyaan ini akan mempermudah kita mendesain video sesuai dengan karakter sosial media yang  akan digunakan.

    Misalnya  facebook, biasanya orang menonton video yang ada di facebook secara sambil lalu dan tidak terlalu  memperhatikan audio yang ada pada video.

    jadi sangat baik jika pada 5 detik pertama video dimulai dengan hal hal yang paling menarik  dan di ikuti dengan caption yang menarik perhatian orang agar menonton video hingga selesai.

    Platform media sosial memiliki dampak yang sangat berpengaruh pada cara orang melihat pesan video yang kita buat. maka, penting untuk memikirkan platform sebelum kita mulai merekam video.”

    [embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=Ko6J9v1C9zE[/embedyt].

    Setiap platform media sosial memiliki karakter dan format video player  yang berbeda beda. Untuk meng-optimalkan video yang kita upload, kita perlu mengatur  format video  sesuai dengan format yang  di rekomendasikan oleh masing-masing  platform.

    Pertanyaannya apakah mungkin semua pengaturan  video untuk  berbagai platform media sosial ada di satu tempat dalam satu panel?.

    Sehingga kita cukup menggunakan satu panel untuk semua platform sosial media yang akan kita gunakan.

    Nah,dalam artikel ini  saya  akan membahas format dan setting video yang di rekomendasikan  untuk YouTube, Vimeo, Facebook, Twitter, dan Instagram  dengan  menggunakan perangkat lunak  video editing Adobe Premiere Pro 2017.

    Poinnya   adalah  mengatur  format video sesuai dengan karakter dan spesifikasi teknis masing masing  platform sosial media. Jangan mengupload  satu format  video semua platform sosial media!.

    Solusi dari Adobe Premiere Pro

    Adobe premiere  pro 2017 memberikan solusi baru yang mempermudah dan  memperlancar alur kerja dalam  meng-ekspor video untuk berbagai platform sosial-media, yang di sebut  “Social Publishing Panel”, fitur ini   menyederhanakan proses upload video ke media sosial dan menyertakan analisis video pada lintas platform. Dengan fitur ini kita dapat:

    1. Mengunggah video kita langsung ke Facebook, YouTube, dan Twitter dari 1 panel. Kita juga bisaq mengatur untuk upload ke  Instagram melalui instagram link pada facebook kita.
    2. Versi  beta adobe premiere ini juga  menyertakan  kotak pilihan ekspor yang disederhanakan dan secara otomatis kita dapat memilih pengaturan render terbaik untuk platform sosial media (jadi tidak perlu kuatir dalam memilih preset atau setting yang tepat!)
    3. Kita dapat menambahkan judul video, deskripsi, tag, dan menggunakan gambar lain untuk tubnail video kita  langsung melalui panel video editing.
    4. Dan yang paling menarik dari panel baru adobe premire pro 2017 ini adalahKita dapat mengukur keseluruhan aktifitaqs dan  keterlibatan video,misalnya tampilan, suka, komentar, dan melakukan share ke berbagai platform dari satu  panel. Mau mengenal lebih jauh tentang  adobe sosial media panel klik di sini.

     Setting video untuk sosial media

     1.Youtube

    Baca Juga  Runtuhnya dominasi siaran langsung televisi.

    Video player di YouTube memiliki aspek rasio 16: 9, yang standar untuk HD 1280x720p dan HD 1920x1080p.  Jika kita mengupload  video dengan aspek rasio  yang bukan 16: 9 (seperti 4: 3, Televisi Tradisional, SD 480p), maka video akan memiliki bar  hitam di sebelah kiri dan kanan. Bar ini dikenal sebagai kotak pilar.

    Saat ini Sangat jarang kita  melihat kotak pilar pada video baru di YouTube, namun jika kita menonton video dari tahun 90an,atau video yang di upload langsung dari smartphone kita akan menemukan pilar box ini.

    Saat mengekspor ke YouTube,format yang di rekomensdasikan oleh youtube adalah “H.264”, kita bisa memilih  ekspor preset  “YouTube 1080p HD”, pada adobe Premiere Pro. Tapi ada juga empat preset YouTube lainnya, tergantung pada resolusi rekaman video kita

    Baca Juga  5 Tren Teratas Produksi Video

    Youtube sendiri memberi recomendasi

    untuk mengoptimalkan video di youtube kita bisa mengunakan setting seperti ini:

    • Ubah Encoding Bitrate menjadi “VBR, 2 Pass.” Pass pertama menganalisis video untuk menentukan area gambar mana yang memerlukan kompresi lebih banyak dari pada yang lain, sedangkan slotatau pass kedua untuk mengeksekusi kompresi video.
      Butuh waktu lebih lama, tapi akan menghasilkan citra visual  yang lebih baik dan jernih

    • Ubah bitrate target encoding menjadi 8 mbps. Semakin rendah bitrate, semakin kecil     ukuran file. (Jangan sampai di bawah 8 mbps.)

    •  Kita juga dapat mempublikasikan secara otomatis ke YouTube dengan memilih tab “Publikasikan” dalam setelan ekspor Premiere Pro. Setelah  kita memilih tanda centang di samping “YouTube”, klik “Log In” untuk menghubungkan akun YouTube ke eksportir Media Premiere Pro. Kita  dapat memilih privasi video, membuat tag yang dipisahkan koma, dan menambahkan deskripsi. kita juga dapat memilih untuk menghapus file lokal setelah diunggah.

    2. Vimeo

    Sama seperti YouTube, player Vimeo juga akan menampilkan bar hitam pada sisi kiri dan kanan video 4:3 480p. Setelan ekspor untuk Vimeo identik dengan YouTube, Namun,  Jika ingin mengekspor video 4k ke vimeo , kita bisa menggunakan dengan preset 4k YouTube dan sesuaikan setelan bitrate agar sesuai dengan pedoman Vimeo.
    Saya merekomendasikan bitrate target 30 mpbs dan bitrate maksimum 60 mpbs pada bitrate variabel (VBR), 2-pass untuk 4k.

    Jika hanya mengekspor HD 1080p, pilih preset “Vimeo 1080p HD” dan cukup memperbarui setelan Bitrate menjadi “VBR, 2 pass,” dengan bitrate target 10 mbps dan bitrate maksimum 20 mbps. Ini akan memberikan  hasil yang optimal untuk video di vimeo.

    Kita juga dapat mempublikasikan secara otomatis ke Vimeo di bawah tab “Publikasikan”. Gulir ke bawah dan centang kotak di sebelah Vimeo lalu klik “Log In” dan akan membuka jendela untuk menghubungkan akun Vimeo kita ke Premiere Pro.
    Sama seperti YouTube, kita  dapat memilih siapa yang dapat melihat  video dan menambahkan tag dan deskripsi pada panel premiere.

    3 Facebook

    Saat ini Facebook sudah  menjadi platform video sharing. Hampir setiap hari kita dapat melihat video yang di share melalui time line  facebook kita dan  beberapa video dirancang untuk mengarahkan pengguna ke tempat lain di web.

    Saya  melihat tren  perusahaan atau merek  membuat  video turunan dari  YouTube untuk diposkan di Facebook, dan jika  kita ingin menonton video secara utuh kita di arahkan untuk menonton pada channel youtube perusahaan atau merek tersebut.

    Baca Juga  8 Tips: Memilih Smartphone Untuk Video

    Dalam kasus ini saya juga sering menemukan perubahan aspek rasio ke format kuadrat (1: 1) 1080 × 1080, daripada be HD 1080 × 1920 or 1280 X720 HD (16: 9) yang diunggah ke YouTube. Dan tidak seperti YouTube, aspek rasio  pada video Facebook tidak dibatasi pada penggunaan aspek rasio  16:09, yang berarti apapun aspek rasio yang kita gunakan player videoyang di gunakan facebook tidak akan menambahkan pilar bar hitam pada sisi video saat  di tonton

    Untuk video di facebook ada tiga hal yang harus di ingat, yaitu,

    • Video Facebooktidak lebih dari dari 120 menit
    • Ukuran file harus kurang dari atau maksimal 4GB .
    • Panjang video terbaik untuk Facebook adalah 10-60 detik.

    Facebook sendiri merekomendasikan spesifikasi tehnis  untuk video  dengan settingan

    Optimasi  Video Setting Facebook: 

    Format: H.264
    resolusi yang di rekomendasi: 720p, 1080p, atau 1080×1080
    aspek rasio yang di rekomendasis: Square 1:1 or Rectangular 16:9 or 16:9 (Mobile Phones)
    bite rate: Target: 6, Maximum 12
    Bitrate Encoding: Variable Bit Rate, VBR, 2pass
    Audio Codec: AAC (Advanced Audio Encoded)
    Audio Sample Rate: 44,100 hz
    Channel: Stereo

    Pada adobe premiere pro, preset ekspor untuk facebook video adalah  16: 9 – Tapi saat ini, banyak pembuat konten membuat video dalam format persegi untuk  di upload ke Facebook karena format ini lebih optimal saat video di tonton melalui aplikasi seluler Facebook.

    Untuk mendapatkan setting seperti ini,kita perlu menyiapkan setelan urutan untuk video Facebook 1080 x 1080. caranya  buka  “Item Baru” di Panel Proyek  dan pilih “New Sequence.” Pilih “Digital SLR 1080p24.” kemudian mengubah horisontal 1920 menjadi 1080, lalu tekan “Save Preset” dan beri nama “Facebook 1080 × 1080  dan mulai mengedit video melalui time line.

    Baca Juga  129 LUT Sinematik Gratis dari Colorists dan Pembuat Film Profesional

    Setelah selesai mengedit video, berikut  settingan dan  cara untuk mengekspor. Pertama, buka File> Export> Media, pilih format “H.264” dan pilih “Match Source – Medium Bitrate.” Jika  ingin mempublikasikan secara otomatis ke Facebook, cukup klik tab “Publikasikan” dan centang kotaknya. di samping “Facebook”, lalu tekan tombol “Log In”.

    Ini akan membuka kotak dialog otorisasi yang meminta kita untuk  memberi izin Adobe Media Encoder untuk mempublikasikan video ke Facebook atas nama kita. Satu-satunya batasan dengan  cara ini adalah bahwa kita hanya dapat mempublikasikan ke akun Facebook pribadi kita – cara ini tidak memungkinkan kita  memilih halaman yang kita  kelola sebagai tujuan untuk diunggah. Pada panel Social Publishing  yang baru, versi beta adobe premiere pro 2017 kita sudah dapat melakukan ini.

    Jika ingin menambahkan video caption, kita  dapat memilih tab “Keterangan” dan memilih untuk “burn Teks  to Video.” Saya sangat menyarankan untuk menambah caption dan  teks  pada video yang di upload ke  Facebook, karena kebanyakan orang menonton video Facebook dengan suara yang tidak aktif.

    Di samping kotak pilihan Preset, klik tombol simpan, yang memungkinkan kita menyimpan setelan ekspor saat ini sebagai preset dan beri nama. Saya lebih senang memberi nama “Facebook 1080 × 1080.” Untuk mempermudah mengingat setting pada  preset adobe. Di sini kita juga dapat menyimpan pengaturan Effects Settings atau video Publish, tapi saya sarankan untuk  tidak dicentang, karena ini akan berpengaruh pada setting seluruh video yang akan di upload.

    Baca Juga  Download LUT Gratis Untuk Editing Video

    [embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=eyslQCv17dc[/embedyt]

    4. Instagram

    Berbeda dengan youtube, vimeo dan facebook, instragram  saat ini mampu memutar video dalam 3 model aspek rasio. Di sini saya akan memjelaskan setting  video  untuk kita upload  ke instagram,  dan bagaimana mengatur ketiga aspek rasio yang saya sebutkan di atas.

    1 setting dan aspek rasio

    Video aspect ratio: Landscape (1.91:1), Square (1:1), Vertical (4:5)
    resolusi minimum : 1800 x 945 pixels (1.91:1 landscape) / 1080 x 1080 pixels (1:1 square) / 864 x 1080 pixels (4:5 vertical)
    durasi minimumn No minimum
    durasi maksimum 60 seconds
    File type: Full list of supported file formats
    Video Format: H.264 video compression,  recomendasi high profile , square pixels, fixed frame rate, progressive scan
    Audio: Stereo AAC audio compression, 128kbps + preferred
    ukuran file maksimum : 4GB
    Frame rate: 30fps max,
    Bitrate: Tidak ada batasan untuk bite rate    menggunakan pengkodean dua-pass,dapat di lakukan  selama file  tidak melebihi 1 GB. Atau mengatur bitrate , 8 megabit per detik untuk 1080p dan 4 megabits per detik untuk 720p.

    Instagram tidak mengizinkan  kita mengupload video dari versi desktopnya,maka kita memerlukan cara lain untuk memindahkan dan menyimpan file video ke smartphone . Saya punya  android, jadi saya mengirim file video ke ponsel saya menggunakan aplikasi google drive kemudian mendownload video itu ke ponsel saya dan meng-upload kembali ke akun instragram .

    5. Twitter

    Mirip dengan Facebook, video  di Twitter akan menyesuaikan agar sesuai dengan aspek rasio video kita , sehingga kita  bisa mengupload klip dengan  persegi (1: 1) atau 720p / 1080p (16: 9).

    Tidak seperti preset Facebook, yang terbatas pada Facebook 720p, Premiere Pro memiliki dua preset ekspor untuk Twitter: Twitter 640 × 640 dan Twitter 720p HD (16: 9). Jika  ingin video persegi berkualitas lebih tinggi, kita dapat menggunakan preset yang sama dengan  video Facebook 1080 × 1080 seperti yang sudah saya jelaskan  di atas. Jika  memiliki video 16: 9, berikut  beberapa tweak untuk membuat gambar video kita  menjadi lebih baik.

    Pertama, mulailah dengan “Twitter 720p” preset. Kemudian, ubah bitrate encoding menjadi “VBR, 2 pass” dan Target dan Maximum Bitrate menjadi sebagai berikut:

    Saya melihat jika kita menggunakan preset HD 1080p YouTube untuk video Twitter,  setting ini a memberikan  hasil yang cukup baik, namun secara keseluruhan, player video video pada  Twitter jauh kurang canggih daripada Facebook. Kita tidak memiliki  pilihan untuk pemutaran SD atau HD.

    [embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=I0apqrXKYu8[/embedyt]

    Semoga panduan ini memberi manfaat bagi kita semua. Jika teman teman memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom  komentar atau hubungi kami secara  langsung.  Dan teman teman juga dapat berbagi dan  berbagi  melalui website ini, jika teman teman ingin menjadi penulis di website ini silahkan menghubungi admin melalui email yang ada pada website ini dan  tim  support kami akan segera membuat akun  penulis untuk teman teman.

    Baca Juga  Tips : Pencahayaan kreatif untuk wawancara

     

    Recent Articles

    Yuk Mengenal Teknologi Artificial Intelligence di Kamera Hp

    Teknologi ponsel genggam saat ini terus berkembang, tak terkecuali fitur kamera yang sudah memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI). Sesuai dengan...

    MacBook Pro 15 Inci Dilarang Masuk Pesawat di AS, Ini Alasannya

    Lembaga keamanan penerbangan di Amerika Serikat melarang laptop MacBook Pro masuk pesawat. Alasannya terletak di urusan baterai. Apple sendiri...

    Yuk mengenal Perbedaan Netflix, Prime Video, Genflix, iflix, dan HOOQ

    Layanan streaming berbayar kini mulai merajalela hingga menggeser media konvensional untuk menyaksikan berbagai tayangan. Netflix adalah salah satunya. Penyedia layanan media streaming digital yang berbasis di...

    WhatsApp Bisa Dikunci dengan Sidik Jari, Begini Caranya

    Keamanan percakapan WhatsApp menjadi hal yang diperhatikan pengguna. WhatsApp memahami hal itu dan mulai mencoba sistem keamanan baru, yakni menggunakan fingerprint scanner atau pemindai sidik jari.

    Cara Pakai Filter AR InstaStories Baru di Instagram

    Instagram kini punya banyak filter AR baru di platformnya. Hal ini dimungkinkan karena media sosial itu telah membebaskan penggunanya untuk membuat filter Augmented Reality...

    Related Stories

    1 Comment

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Stay on op - Ge the daily news in your inbox

    My title