• Home
  • Videography
  • Software
  • Course
  • About
More

    Software Video Editing Pro Gratis


    Meskipun Final Cut Pro X dan Adobe Premiere Pro adalah  aplikasi  editing yang paling digemari saat ini, namun ada beberapa opsi  aplikasi video editing lain yang menyediakan toolkit profesional, dan tak kalah mumpuni dengan dua aplikasi video berbayar yang sudah saya sebut di atas,  dan yang paling menarik  aplikasi aplikasi yang akan kitabahas ini adalah semuanya GRATIS!

    Sebelumnya Mari kita bahas  beberapa aplikasi berbayar untuk  perbandingan,

    Adobe saat ini telah berubah dari aplikasi berbayar menjadi aplikasi  berlangganan (Software as Services), termasuk  adobe Premiere Pro yang  kini menjadi keluarga  Cloud Kreatif  (Creative Cloud ) dengan harga langganan  $ 49 / bln.

    Final Cut Pro X kini mengurangi 1/3  dari harga sebelumnya,  dan sekarang tersedia dari Apple App Store dengan harga  $ 299,99.

    Terakhir, Avid Media Composer dapat dibeli seharga  $ 1.300 atau berlangganan $ 49 / bulan.

    pertanyaan apa yang ditawarkan  dan menjadi kelebihan aplikasi GRATIS selain daripada harganya?. Mari kita lihat

    DaVinci Resolve 15  Lite

    Awalnya DaVinci Resolve adalah aplikasi  untuk melakukan gradasi warna (color grading), namun setelah Blackmagic Design membeli sistem dari JDS Uniphase Corporation pada 2009.  Blackmagic  memperluas kemampuan aplikasi ini untuk melakukan  pengeditan  dan aplikasi Gradasi warna ( color grading) secara bersamaan 

    Resolve 15  adalah aplikasi color grading, tetapi juga menyertakan seperangkat alat penyuntingan video yang komprehensif, setara  dengan apa yang biasa  kita temukan di NLE atau aplikasi editing profesional seperti Adobe Premier Pro CC dan Final Cut Pro X.

    Berikut ini beberapa fitur baru pada  Davinci Resolve 15  :

    • Davinci Resolve 15 ( DR15) menggabungkan indeks edit yang diperbarui yang dapat memfilter klip melalui pelabelan dan klip offline.
    • DR 15 menyematkan beberapa  variasi editing dan  alat trimming untuk meningkatkan ketepatan titik potong dan kecepatan proses editing.
    • Dengan  Alat pemangkasan JKL, memungkinkan kita  melakukan trimming klip selama pemutaran,  baik forwards maupun reverse pada kecepatan yang berbeda.
    • Transisi dapat ditambahkan melalui menu  drop down yang dapat diakses dengan mengklik kanan diantara  titik  potong  pada timeline video editing . Menu drop down berisi opsi preset yang dapat diubah oleh pengguna.

    Upgrade  pada Davinci Resolve menunjukkan bahwa Blackmagic terlihat ingin  bersaing di ruang NLE / aplikasi video editing  profesional. fitur  pengeditan pada DV15 juga  terbukti sama kuatnya dengan koreksi dan gradasi warna. 

    Untuk melihat sisa fitur baru yang keren dari  DaVinci Resolve 15, bisa lihat di di situs web Blackmagic.

    Download DaVinci Resolve 15  Lite disini

    EditShare’s Lightworks

    Lightworks adalah aplikasi video editing  profesional yang dibuat oleh Editshare. Dengan kemampuan untuk mengedit video 2K dan 4K, Lightworks telah digunakan pada beberapa produksi film pemenang Oscar dan Emmy Award seperti Hugo, Mission Impossible, The Departed dan Braveheart.

    Meski memiliki fitur yang mengagumkan, kita perlu menyelami lebih dalam dan memplajari banyak hal dalam pengoperasian aplikasi ini, terutama bagi yang belum memiliki pengalaman dengan video editing. Namun bagi kamu yang tertarik dengan aplikasi ini tersedia banyak dokumen  tutorial yang bisa di download dan tonton .
     [embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=Zucj0WaNLko[/embedyt]

    Lightworks tersedia di Windows, Linux dan Mac. Unduh di LWKS.com

    iMovie

    “iMovie”, Apa Iya?

    Ya!, memang iMovie tidak memiliki toolset yang lengkap seperti pada  Final Cut Pro X. memang iMovie memiliki beberapa transisi dan latar belakang yang tidak bagus! ini adalah komentar beberapa rekan saat saya  mengatakan imovie sebagai software editing pro.

    Baca Juga  Yuk Buat Vlog Profesional
    Baca Juga  5 Tips untuk Membuat Konten Video Menarik Ala Google

    Tetapi tahukah kamu bahwa tampilan dan alur kerja iMovie serupa dengan hampir semua aplikasi pengeditan video non-linear profesional lainnya. Pengeditan video yang sukses adalah, bagaimana menempatkan potongan clip menjadi suatu cerita  dan iMovie memiliki semua yang kita  butuhkan untuk menyusun clip video menjadi sebuah sequence cerita video. Final Cut Pro X juga  mengadopsi beberapa tampilan dan fitur dari iMovie, jadi buat para pemula  aplikasi ini adalah basic  sebelum berlanjut ke yang lebih advance,  Final Cut Pro X

    Nah  aplikasi pengeditan video GRATIS mana yang paling kamu  sukai? atau  kamu tahu solusi gratis lainnya yang tidak masuk daftar? Silahkan  Beri tahu kami melalui kolom komentar di bawah ini!

     

    Recent Articles

    Yuk Mengenal Teknologi Artificial Intelligence di Kamera Hp

    Teknologi ponsel genggam saat ini terus berkembang, tak terkecuali fitur kamera yang sudah memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI). Sesuai dengan...

    MacBook Pro 15 Inci Dilarang Masuk Pesawat di AS, Ini Alasannya

    Lembaga keamanan penerbangan di Amerika Serikat melarang laptop MacBook Pro masuk pesawat. Alasannya terletak di urusan baterai. Apple sendiri...

    Yuk mengenal Perbedaan Netflix, Prime Video, Genflix, iflix, dan HOOQ

    Layanan streaming berbayar kini mulai merajalela hingga menggeser media konvensional untuk menyaksikan berbagai tayangan. Netflix adalah salah satunya. Penyedia layanan media streaming digital yang berbasis di...

    WhatsApp Bisa Dikunci dengan Sidik Jari, Begini Caranya

    Cara Pakai Filter AR InstaStories Baru di Instagram

    Instagram kini punya banyak filter AR baru di platformnya. Hal ini dimungkinkan karena media sosial itu telah membebaskan penggunanya untuk membuat filter Augmented Reality...

    Related Stories

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Stay on op - Ge the daily news in your inbox

    My title