[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=DuS1EydJ2Ts[/embedyt]

Fundamental dan anatomi Camera Video

Jika memperhatikan video camera profesional, kita menemukan banyak sekali fitur fitur dan panel yang terlihat membingungkan terutama bagi para pemula, apa lagi kamera modern yang meiliki banyak fitur dan menu baik menu di dalam sistem maupun menu aksesoris yang terdapat pada bodi camera.

Pada bagian ini kita  akan membahas  fitur dan fungsi utama  untuk mengoptimalkan penggunaan video camera serta panel panel utama yang sering di gunakan, pada bagian ini  saya menggunakan camera   video  Sony versi PMW-EX1 sebagai kamera peraga kombinasi tombol dan letak menu mungkin berbeda untuk setiap jenis kamera, namun setiap camera secara umum memiliki fitur dan fungsi utama yang sama.

  1. handgrip

Kita mulai dari paell kontrol utama yang terletak pada sisi kanan camera yang di sebut handgrip. Di sini kita akan menemukan beberapa tombol,Yaitu

  • tombol triger : untuk memulai dan menghentikan rekaman dalam pengambilan gambar pada beberapa jenis camera tombol ini biasanya di kombinasikan dengan  switch power untuk menghidupkan dan mematikan camera.
  •  rec view : tombol untuk melihat rekaman yang telah kita rekam atau video review
  •  Zoom: Switch untuk mengatur komposisi zoom berfungsi mengatur panjang vocal lenght yang akan digunakan dalam pengamblan gambar, pengertian focal lenght akan kami bahas pada bagian lain seri fundament video camera ini 

Kombinasi  tombol power, zoom dan triger pada handgrip ini untuk memudahkan kita dalam menghidupkan camera, mengatur komposisi dan merekam gambar.

Pada hampir semua jenis video profesional kita akan menemukan lebih dari satu  tombol zoom yang terletak pada bagian lain camera atau biasa di sebut secondary zoom. Fungsinya untuk memnudahkan kita mengatur komposisi pada berbagai posisi tangan saat pengoperasikan camera.

Baca Juga  Bag:1 Darimana Memulai Belajar Membuat Story Telling Video ?

Tombol zoom utama atau zoom yang terletak pada handgtip selalu bersifat sensitif, karena fungsi utamanya adaah mengatur komposisi. Sementar secondari zoom memiliki pergerakan yang konstan dan halus, biasanya secondari zoom juga di lengkapi dengan tombol untuk mengatur kecepatan pergerakan lensa, fungsinya untuk mengatur kecepatan  pergerakan zoom sesuai yang kita inginkan.

Pengaturan zoom dapat di lakuakn secara manual  dan automatis.pengaturan ini dapat dilakuakn melalui switch servo yang terdapat pada camera.ketika menggunakan mode manual, maka zoom hanya dapat di  atur melalui zoom ring yang terdapat pada bodi camera. Selain zoom hampir semua camera juga memiliki beberapa tombol triger, yang terletak pada berbagai posisi yang berbeda. Ini juga berfungsi untuk memudahkan kita dalam mengoperasikan camera

  1. Audio

Setaip kamera video pasti memiliki panel pilihan audio fitur ini memungkinkan kita menambah mikrophone, untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik dan lebih jernih , secara umum ada dua jenis koneksi audio yang terdapat pada kamera yaitu koneksi XLR dan koneksi mini jack. Pada panel audio juga akan kita temaukan panel untuk mengatur audio level, pilihan mikrophone  audio signal dan audio chanel yang dapat di piih sesuai kebutuhan audio dalam pengambilan gambar.

3. LCD panel

Pada bagian bawah LCD kita dapat melihat indikator audio, biasanya terdapat dua chanel audio dan informasi lain tentang camera, LCD di gunakan untuk memonitor segala aktifitas yang terjadi di dalam camera.

4. Iris

Iris berfunsi sama persis dengan aperture yang terdapat pada kamera photo fitur ini berfungsi untuk mengatur cahaya yang masuk kedalam kamera, atau mengatur gelap dan terangnya gambar yang akan kita rekam pengaturan ini dapat di lakukan melalui ring iris pada bagian lensa atau tombol iris yang terdapat pada bagian lain kamera , iris ini juga dapat di operasikan dalam mode  automatis dan manual.

Baca Juga  Selamat Datang Panasonic Lumix MDC-GH5S, Kamera Andalan Di Tempat Gelap Dengan Fitur Sinematografi Profesional

5. Filter ND

ND singkatan dari neutral density fitur ini berfungi untuk membantu iris mengurangi intensitas cahaya yang masuk kedalam kamera, di gunakan jika kita melakukan pengambilan gambar dengan kondisi cahaya yang sangat terang , misalnya pengambilan gambar di bawah terik matahari.

6. Focus

Sama seperti fungsi lain camera , focus juga dapat di atar dalam mode manual dan automatis, focus berfungsi mengatur ketajaman gambar yang akan kita rekam, pada kamera video profesional kita biasa menemukan tombol push auto focus, fungsinya untuk menggunakan fitur auto pada saat camera dalam fungsi manual mode, ini untuk mempercepat proses pengaturan ketajaman gambar yang akan kita rekam. Fungsi lain yang berkaitan dengan fokus adalah fokus assist atu focus expander, fitur ini akan memperbesar gambar sehingga kita dapat melihat  dengan jelas ketajaman gambar yang akan kita rekam.

7. White  balance

What balance adalah fitur untuk mengatur sensor kamera agar menterjemahkan gambar sesuai dengan visualisasi yang kita inginkan

Biasanya terdapat beberapa mode pengaturan yaitu manual, preset, dan auto

Saya akan membahas fitus ini pada bagian tersendiri tentang white balance pada seri fundamental video camera ini.

8. Gain

Tombol white balance biasanya selalu berdampingan dengan tombol gain , digunakan untuk membantu pengambilan gambar dalam situasi kekurangan cahaya, gain bekerja untuk meningkatkan intensitas cahaya pada sensor secara digital.

9. Zebra

Zebra adalah fitur untuk membantu mengetahui berapa besar intensitas cahaya yang masuk kedalam camera , melalui zona garis zebra , semakin banyak garis zebra semakin tinggi intensitas cahaya yang masuk dan begitu pula sebaliknya melalui fitur ii dengan mudah kita dapat mengetahui apakan rekaman yang  akan kita rekam over exposure atau under exposure.

Baca Juga  Mengenal Format dan Codec Video

10. Histogram

Histogram memiliki fungsi yang hampir mirip dengan  zebra, fungsi ini  menginformasikan area shadow, mid tone dan white area yang di tangkap oleh lensa.

11. Shutter speed

Banyak sekali pembahasan tentang fitur ini, saya akan membahas secara detail tentang fitur ini pada bagian lain seri fundamental camera ini , secara umum shuuter ini di gunakan untuk mengatur seberapa lama sensor camera menangkap cahaya pengaturan shutter speed , akan memberikan efek tertentu pada video yang akan kita hasilkan.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here