• Home
  • Videography
  • Course
  • About
More

    Begini Cara Kami Melalukan Live Streaming Audio VIdeo

    Selama beberapa bulan terakhir, tim kami mengeksplorasi sejumlah opsi yang memungkinkan Kami melakukan streaming video secara langsung ( live streaming ) dengan skema mixing audio langsung serta mendukung sejumlah sumber audio dan video “yang tak terbatas” dan skema yang dapat diskalakan, sehingga seiring dengan pertumbuhan viewer, sistem streaming juga dapat di kembangkan untuk mendukung pertumbuhan kanal streaming kami.

    CATATAN: Jika yang dibutuhkan hanyalah streaming audio langsung, saya sarankan menggunakan mixlr.com , Kami sudah mencoba menggunakan server ini untuk beberapa klien kami dan berfungsi dengan sangat sempurna. Sebelum Mixlr, kami menggunakan QuickTime Broadcaster, namun quicktime broadcaster saat ini telah dihentikan oleh Apple.

    Beach-Radio.co.uk is on Mixlr

    Apa Saja Yang Dibutuhkan?

    Untuk memulai live streaming kita memerlukan tiga elemen penting

    • 1. Elemen Produksi – Peralatan produksi audio dan video sebagai umpan video yang di tayangkan pada web. dan kanal live streamng.
    • 2 . Encoding – cara untuk mentranfer signal audio dan video secara langsung ke remote server.
    • 3. Streaming – Distribusi signal audio dan video dari remote server ke server distribusi dan ke perangkat penerima.

    Diluar sana, ada sejumlah situs yang menyediakan layanan server streaming video sederhana: misalnya Adobe Connect dan GoToWebinar. Kami pernah menggunakan keduanya selama beberapa waktu. Namun, keterbatasan kedua situs ini adalah pada audio. Kami tidak dapat me-mixing ( menggabungkan) dua sumber audio dari mikrofon presenter dan audio dari file vidoe dikomputer – kedua situs web ini tidak mendukung fitur audio mixer ini.

    Untuk mengatasi masalah audio ini Kami melakukan audio mixing saat sesi rekaman, menurut kami ini bukan bagian dari sesi siaran langsung. yang kami inginkan adalah live streaming audio dan video secara bersamaan dalam waktu yang sama.

    Baca Juga  Download LUT Gratis Untuk Editing Video

    Sebagai catatan dalam skenario uji coba yang kami lakukan, untuk menayangkan siaran langsung ( live streaming ) kami, menggunakan elemen audio dan video yang dibuat dengan menggunakan alat produksi standar industri penyiaran.

    Hasil mixing akhir dikirim ke Telestream WireCast yang mengubah sinyal audio dan video untuk distribusikan ke web.

    Output dari WireCast dikirim ke FrontLayer.com, yang menyediakan server streaming dan Jaringan Distribusi Konten di seluruh dunia untuk pemutaran pada komputer dan dawai pintar sebanyak yang diperlukan

    Kami menggunakan video switcher NewTek Tricaster untuk mengintegrasikan video dari empat output camera video dan melakukan encoding signal output untuk diunggah ke web.

    Dengan cara ini kami harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal daripada hanya menggunakan kombinasi switcher dan WireCast, tapi dengan menggunakan switcher Newtek TriCaster ini kami mampu memproduksi siaran streaming dengan menampilkan grafik dan Tampilan layar yang lebih canggih. di bantu fitur fitur cangih yang ada pada NEWTEK TRICASTER

    Baca Juga  Cara Membuat Video Hyperlapse

    PRODUCTION

    Dalam Ekplorasi ini, kami menggukankan 4 camera Sony HXR-NX5 Newtek Skype talk show dan 2 komputer untuk playback, audio source kami menggunakan konsol audio behringer X32.

    Kami menggunakan Blackmagic Design ATEM switcher menggunakan HDMI output dari kamera .

    Audio dari Behringer masuk, melalui kabel XLR, ke switcher ATEM. dan output audio video dari ATEM kami jadikan input untuk blackmagic design ultra studio mini recorder. UltraStudio terhubung ke Macbook yang kami gunakan untuk streaming melalui Thunderbolt.

    Karena semua proses audio,video dan efek dilakukan sebelum sinyal memasuki WireCast, kami tidak memerlukan sistem yang sangat kuat untuk menjalankan WireCast. Macbook lebih dari cukup untuk pemformatan akhir dan streaming.

    Encoding

    Di WireCast, kami menambahkan UltraStudio Mini Recorder sebagai feed kamera; untuk mensuplay output dari switcher ATEM ke WireCast.

    Baca Juga  Cara Membuat Video Hyperlapse

    Secara umum, kami menyiarkan video dengan pengaturan 720p / 29,97 fps H.264 ke web dengan bit rate kompresi 1500 KBps;

    Dengan kondisi internet di indonesia, kami berpikir tidak terlalu penting untuk menlakukan siaran langsung dalam resolusi full HD. dalam beberapa ujicoba menggunakan berbagai provider jaringan internet, kami tidak dapat mendeliver siaran langsung secara smooth ke penonton dengan menggunakan format full HD. Dalam pengujian, dan selama beberapa acara siaran langsung, kami menyadari bahwa kami tidak memiliki bandwidth yang cukup yang mendukung streaming langsung langsung ke setiap pengguna.

    STREAMING

    Untuk mendapatkan bandwidth yang baik diperlukan CDN (Content Distribution Network). Alur kerjanya adalah kami mengirim streaming ke CDN dan CDN menggunakan bandwidth yang jauh lebih besar untuk mengirimkannya ke seluruh pemirsa

    Pada titik ini ada tiga hal yang bisa kami lakukan dengan sistem ini

    1. Kami dapat menjaga alur kerja dari (WireCast ke Wowza di-host secara lokal) dan cukup memasukkan CDN luar di antara jaringan lokal dan pemirsa.
    2. Kami dapat mengganti Wowza dengan aplikasi lain yang berfungsi sebagai CND misalnya, LiveStream atau uStream. Namun, layanannya cukup ekslusif dan mahal, dan kami tidak memiliki cukup anggaran untuk uji coba menggunakan livestream dan ustream.
    3. Kami bisa memilih hanya menggunakan CDN, karena kami sudah menyediakan input streaming. Ini menjadi pilihan terakhir dan kami memilih FrontLayer.com. yang bertindak sebagai server streaming distribusi dan CDN
    Baca Juga  Yuk Buat Vlog Profesional

    Dalam Proses set up, Frontlayer memberi kami kredensial masuk ke dasbor online, kredensial streaming langsung, dan point RTMP untuk streaming langsung.

    Kami memasukkan informasi ini ke layar Pengaturan Output dari WireCast. WireCast stream ke FrontLayer, yang dan frontlayer mendistribusikan siaran streaming ke dunia.

    Baca Juga  Trik Mudah Bikin Video Berkualitas Pakai Smartphone Android

    FrontLayer memiliki manajer dasbor online untuk setiap akun. Ini membantu kami memantau streaming, memonitor sistem VOD (video sesuai permintaan) dan mendapatkan laporan. Laporan-laporan ini membantu kami melacak berapa banyak bandwidth yang telah digunakan dalam bulan ini, dan juga berapa banyak pemirsa yang menonton streaming kami.

    FrontLayer mengenakan biaya $ 70 per bulan untuk bandwidth 250 GB setiap bulan. Kami juga dapat membeli bandwidth tambahan untuk $ 0,20 / GB. menurut kami ini cukup fair, karena kami tahu bahwa kami tidak akan kehabisan bandwidth, dan kami dapat menganggarkan untuk bandwidth tambahan yang kami butuhkan.

    • Biaya bandwidth didasarkan pada jumlah pengguna kali jumlah menit yang mereka lihat kali bandwidth yang kami gunakan untuk streaming ke FrontLayer. Berdasarkan
    • pengalaman kami selama tiga bulan terakhir, kami menghitung bahwa 1 penonton, menonton satu jam materi, mengkonsumsi 1 GB bandwidth. Ini membuatnya mudah bagi kami untuk mengendalikan biaya dengan mengendalikan jumlah pemirsa yang kami izinkan menonton siaran langsung.

    Terakhir, kesan awal sesuatu yang merepotkan dan membingungkan pupus sudah telah kami melakukan berbagai uji coba ini m serta terima kasih untuk dukungan berbagai pihak yang sudah mensuport tim bikinkonten melakukan explorasi ini,

    Diluar sana tentu masi banyak metode dan pola lain untuk melakukan live streaming secara profesional. kami sangat senang teman teman mau berbagi bersama kami jika memiliki metode dan cara lain silahkan beritahu kami melalui kolom komentar.

    Recent Articles

    Yuk Mengenal Teknologi Artificial Intelligence di Kamera Hp

    Teknologi ponsel genggam saat ini terus berkembang, tak terkecuali fitur kamera yang sudah memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI). Sesuai dengan...

    MacBook Pro 15 Inci Dilarang Masuk Pesawat di AS, Ini Alasannya

    Lembaga keamanan penerbangan di Amerika Serikat melarang laptop MacBook Pro masuk pesawat. Alasannya terletak di urusan baterai. Apple sendiri...

    Yuk mengenal Perbedaan Netflix, Prime Video, Genflix, iflix, dan HOOQ

    Layanan streaming berbayar kini mulai merajalela hingga menggeser media konvensional untuk menyaksikan berbagai tayangan. Netflix adalah salah satunya. Penyedia layanan media streaming digital yang berbasis di...

    WhatsApp Bisa Dikunci dengan Sidik Jari, Begini Caranya

    Cara Pakai Filter AR InstaStories Baru di Instagram

    Instagram kini punya banyak filter AR baru di platformnya. Hal ini dimungkinkan karena media sosial itu telah membebaskan penggunanya untuk membuat filter Augmented Reality...

    Related Stories

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Stay on op - Ge the daily news in your inbox

    My title