• Home
  • Videography
  • Science
  • Course
  • About
More

    5 Tren Teratas Produksi Video

    Video Jaman now keren keren oi…. tajam, dinamis,  kreatif …..

    Yap,  cuplikan percakapan ini adalah diskusi tentang trend dalam video produksi yang terus berkembang dan berinovasi. percakapan soal videografi kini bukan lagi soal format , SD-HD , Whitebalance, atau bluis dan redish. tapi lebih pada aspek kreatif seperti LUT, Transisi, Grading, cristal clear , 4K bahkan 6K ..

    Penelitian, pengembangan, dan inovasi  dalam teknologi produksi video yang terus berkembang, saat ini semua kita pasti sudah sangat terbiasa dengan  realitas virtual (VR),produksi video 4K, Aerial Shot dengan  drone,  ini semua trend baru dalam teknologi   videografi.

    Pengembangan teknologi  produksi video tidak terlepas dari  babak baru dalam pengalaman  menonton video  dari video di VCD dan DVD ke Blu-ray dan streaming video digital (seperti youtube, facebook video  Netflix.)

    bikinkonten.com  mengulas 5 tren paling inovatif dalam produksi video dan perkembangan teratas dalam teknologi video.

     

    1. Realitas Virtual (VR)

    Error: vrview requires 'image' or 'video' to be set

    Beberapa pemain besar seperti Samsung dan Google terus mengembangkan teknologi virtual reality dan pengembang perangkat keras baru  untuk menerapkan perubahan VR radikal sehingga bisa  dikonsumsi massal. Menggunakan virtual reality adalah cara kreatif baru bagi terutama pada video marketing suatu produk  untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka dengan cara yang baru dan inovatif.


    Baca Juga: Jurnalisme Millenials- Jurnalisme Realitas Maya (VR Journalism)

    Beberapa inovasi utama dalam realitas virtual tahun ini termasuk –Headset resolusi tinggi dari Oculus Rift, HTC Vive, dan PlayStation VR dan pengembangan  kamera VR yang lebih baik seperti insta 360, Ozo oleh Nokia, Lytro, Immerge, dan masih banyak lagi.

    2. Sinemagraf

    Sinemagraf adalah tren produksi video  yang melibatkan tingkat kreativitas yang tinggi. sinemagraf adalah perpaduan fotografi dengan film yang memungkinkan kita untuk menceritakan kisah visual dengan cara yang sama sekali baru.

    Bacajuga:7 Langkah mudah Membuat Sinemagraf, (Step By Step Dengan Ilustrasi Animasi)

    Baca Juga  Cara Membuat Video Hyperlapse

    Sinemagraf dibuat dari serangkaian gambar dan video yang diedit  dengan mengexplore grakan secara halus, bagaimana cara membuat sinemagraf lihat pada link ini .Sinemagraf secara luas digunakan  pada  platform seperti –

    • Media sosial
    • Email
    • Tampilan Digital / Proyeksi
    • Situs web
    • Iklan digital

    3.Aerial Video & Drones

    [embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=mX27K468jqY[/embedyt]

    Baca Juga  5 Tips Membuat Video Sinematic

    Videografi udara dan penggunaan drone semakin populer di dunia produksi video. Menggunakan drone lebih murah daripada menyewa  helikopter untuk merekam video udara, oleh karena itu, kebanyakan orang sekarang beralih ke drone untuk semua kebutuhan video udara mereka.

    Menurut  survei terbaru, lebih dari 700.000 drone dijual pada tahun 2015, di mana tahun 2015 dan mengalami peningkatan 63% dari penjualan drone tahun 2014 dan 300.000 drone sudah terdaftar di FAA. Industri drone yang saat ini  sekitar $ 3,3 miliar  diperkirakan akan mencapai $ 90 miliar pada tahun 2025. Statistik ini menunjukan  tren mendatang penggunaan drone pada produksi video udara.

    4.Video 4K

    [embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=FcEVbVrNIyg[/embedyt]

    4K atau UHD (Ultra High Definition) adalah inovasi hebat dalam produksi video yang memberikan kualitas gambar terbaik dalam video. 4k memiliki resolusi standar 4000 piksel dibandingkan dengan HD yang 1920 x 1080 piksel.

    Teknologi 4K kini  lebih dari sekedar televisi dan bioskop, itu juga tersedia di ponsel. Karena teknologi 4K memungkinkan kepadatan piksel yang lebih besar, kemewahan ini mendorong orang untuk mendapatkan detail terbaik dan memberikan kedalaman warna yang lebih baik jika dibandingkan dengan teknologi HD biasa. Keuntungan dari produksi video 4K termasuk

    • Pemrosesan gambar yang lebih baik
    • Lebih banyak pilihan untuk manipulasi setiap frame video
    • Hasil yang lebih baik untuk tehnik greenscreen, motion blur, 
    • Mengurangi grain dan rotoscoping

    5.GoPro

    Siapa yang tidak kenal GoPro, kamera aksi ini  sangat populer akhir-akhir ini di gunakan oleh hampir semua kalangan mulai dari videografer berpengalaman hingga pemula, hampir semua orang ingin memiliki GoPro hari ini.

    Terlepas dari fungsi profesionalnya sebagai kamera aksi,  Keuntungan menggunakan kamera ini adalah mereka memiliki resolusi yang melimpah dan opsi frame rate. ditambah lagi  portabel dan paling penting harganya juga terjangkau!

    Sesuai laporan baru, pasar kamera aksi global dikatakan tumbuh pada CAGR 22,2% selama periode 2014-2019.  Laporan itu menunjukkan bahwa meningkatnya popularitas platform media sosial seperti Facebook dan Instagram ikut mendorong pertumbuhan GoPro dan pasar kamera aksi. 

    Tren Lainnya dalam Produksi Video

    Sebagian besar pembuat video selalu mencari terobosan baru dalam teknologi dan sumber inspirasi yang berbeda. Para videografer dan film maker selalu berlomba lomba membuat video  dengan tren dan teknologi produksi video terbaru . Selain tren yang disebutkan di atas Para pembuat video sering beralih ke opsi lain termasuk –

    • Video gerakan lambat
    • Video 360 Derajat
    • Video Hyperlapse
    • Video Vertikal dan banyak lagi

    Sekarang pilihan tergantung pada  teman teman bikinkonten semua , pilihan mana yang sesuai dengan selera dan budget teman teman, jika ada saran atau masukan silahkan memberi komentar di kolom komenar di bawah ini.

    Baca Juga  Tahun 2020 : 50 persen orang akan menonton siaran televisi melalui smartphone dan VR
    Baca Juga  Cara Membuat Video Hyperlapse

     

     

    Recent Articles

    Yuk Mengenal Teknologi Artificial Intelligence di Kamera Hp

    Teknologi ponsel genggam saat ini terus berkembang, tak terkecuali fitur kamera yang sudah memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI). Sesuai dengan...

    MacBook Pro 15 Inci Dilarang Masuk Pesawat di AS, Ini Alasannya

    Lembaga keamanan penerbangan di Amerika Serikat melarang laptop MacBook Pro masuk pesawat. Alasannya terletak di urusan baterai. Apple sendiri...

    Yuk mengenal Perbedaan Netflix, Prime Video, Genflix, iflix, dan HOOQ

    Layanan streaming berbayar kini mulai merajalela hingga menggeser media konvensional untuk menyaksikan berbagai tayangan. Netflix adalah salah satunya. Penyedia layanan media streaming digital yang berbasis di...

    WhatsApp Bisa Dikunci dengan Sidik Jari, Begini Caranya

    Keamanan percakapan WhatsApp menjadi hal yang diperhatikan pengguna. WhatsApp memahami hal itu dan mulai mencoba sistem keamanan baru, yakni menggunakan fingerprint scanner atau pemindai sidik jari.

    Cara Pakai Filter AR InstaStories Baru di Instagram

    Instagram kini punya banyak filter AR baru di platformnya. Hal ini dimungkinkan karena media sosial itu telah membebaskan penggunanya untuk membuat filter Augmented Reality...

    Related Stories

    1 Comment

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Stay on op - Ge the daily news in your inbox

    My title