• Home
  • Videography
  • Science
  • Course
  • About
More

    Memahami Bit-depth dan Render Warna Pada Video

    Kemampuan kamera video untuk mereproduksi gradasi halus antara warna dan nuansa merupakan faktor penting pada gambar Film dan Video. Kisaran kemungkinan kemampuan menangkap warna ditentukan oleh kedalaman bit dan format file yang digunakan untuk merekam.

    Apa itu bit depth?

    Semua kamera video merekam rekaman dalam bentuk file digital. File digital biner ini terdiri dari potongan-potongan data yang dikenal sebagai bit, yang di terjemahkan menjadi  1 atau 0.
    Gambar video sendiri dibuat dari titik-titik warna yang disebut piksel dan warna spesifik dari masing-masing piksel ditentukan dengan mencampur sejumlah warna merah, hijau dan biru yang berbeda. Kedalaman bit mengacu pada jumlah titik  data – 1s dan 0s – digunakan untuk merekam saluran warna – merah, hijau dan biru – untuk setiap piksel.

    Video 8-bit: Dengan format file video 8-bit ada 8 bit penyimpanan data (kisaran angka biner 00000000 hingga 11111111) tersedia untuk setiap saluran warna, yang memberikan variasi 256 bayangan per saluran. Kombinasi yang dihasilkan dari 256 warna masing-masing warna merah, hijau dan biru berarti ada 16.777.216 (256 x 256 x 256) warna yang memungkinkan dalam gambar video 8-bit.

    Video 10-bit: Untuk nomor video 10-bit dalam rentang biner 0000000000 hingga 1111111111 digunakan untuk menggambarkan setiap saluran warna. Ini berarti ada 1.024 kemungkinan nilai warna per saluran dan total 1.073.741.824 kemungkinan warna dalam gambar 10-bit.

    Video 12-bit: Warna dalam video 12-bit disimpan menggunakan angka 000000000000 hingga 111111111111 yang menawarkan 4096 warna masing-masing merah, hijau, dan biru dengan total lebih dari 68 miliar warna.

    Kameras & Monitor

    Kamera

    DSLR dan kamera video prosumer high-end merekam video pada kedalaman 8-bit secara internal. DSLR Canon dan Nikon  menggunakan variasi format file MOV, sementara Panasonic dan Sony menggunakan format AVCHD. Pada perekam eksternal Kamera dapat digunakan untuk merekam video dengan kedalaman 10-bit (seperti ProRes), namun akan ada keterbatasan karena sebagian besar kamera hanya dapat menghasilkan sinyal 8-bit.

    Baca Juga  4K Video: Apa Yang Perlu Diketahui

    Panasonic Lumix GH5 memiliki kelebihan dari mirrorless lainnya karena dapat merekam dalam resolusi 4K  dalam format 10-bit secara internal hingga frame rate 30p dan dapat memberi umpan sinyal 10-bit ke perekam eksternal pada frame rate yang lebih tinggi.

    Baca Juga  9 Langkah: Membuat Video Ala Videographer Profesional

    Canon C200,  EOS Cinema, merekam 4K dalam format 10-bit atau 12-bit CinemaRAW, tergantung pada frekuensi gambar yang dipilih, kamera kamera jenis ini juga dapat merekam cuplikan 4K UHD 8-bit dalam format file MP4.

    Kamera sinema seperti RED dan Arri dapat merekam file video ProRes 10-bit, tetapi juga dapat merekam rekaman RAW dalam format file 12-bit. Beberapa kamera profesional Sony bahkan memiliki opsi untuk merekam video 16-bit dengan peningkatan perekam eksternal.

    Monitor

    Pada umumnya monitor yang beredar di pasar seperti, televisi, dan proyektor konsumen  adalah perangkat 8-bit,  sementara monitor video 10-bit hanya tersedia, dengan harga premium karena spesifikasi yang lebih tinggi.

    Monitor komputer  biasanya memiliki 10-bit lebih, namun kebanyakan kartu grafis komputer hanya akan mengeluarkan sinyal 10-bit ketika menampilkan video game.

    Perangkat lunak pengeditan dan perataan video seperti Adobe Premiere Pro, Final Cut atau Davinci Resolve bekerja secara internal pada 10-bit atau lebih tinggi, tetapi mungkin membutuhkan perangkat output video tambahan untuk memberi sinyal preview 10-bit dari pemutaran video.

    Namun ada juga beberapa monitor 12-bit yang tersedia di pasaran, seperti monitor referensi dari Dolby, tetapi ini ditujukan untuk pengeditan profesional tingkat tinggi  dan monitor untuk aplikasi penilaian warna.

    Mengapa bit depth Penting untuk Diketahui?

    Mata manusia hanya dapat membedakan sekitar 10 juta warna, sebagian besar perangkat layar 8-bit – sudah menghasilkan 16,7 juta warna – ini sebabnya mengapa kita perlu file video kedalaman dengan kedalaman bit yang lebih tinggi.

    Baca Juga  9 Tips "Bikinkonten" Kamu Disukai Google

    Dalam banyak situasi dan banyak aplikasi, format video 8-bit sudah cukup baik untuk bekerja dengan video 10-bit atau 12-bit,namun kita juga  perlu  meningkatkan ruang  penyimpanan data dan komputer yang lebih kuat untuk mengedit rekaman kita. Namun, pembatasan 8-bit hanya memiliki 256 bayangan untuk setiap saluran warna  sehingga dapat menghasilkan garis warna di area gradasi nada warna.

    “SECARA UMUM, INFORMASI EKSTRA  KECEPATAN TINGGI LEBIH MEMBERI BANYAK LINGKUP UNTUK WARNA GRADING DIBANDINGKAN DENGAN FOOTAGE 8-BIT,”

    Tambahan nuansa (1024 vs 256) dalam gambar 10-bit juga akan memberikan lebih banyak lintang untuk memperbaiki highlight  atau bayangan dalam warna  video. Secara umum, informasi tambahan dalam rekaman kedalaman bit yang lebih tinggi memberikan lebih banyak ruang lingkup untuk gradasi warna dibandingkan dengan cuplikan 8-bit, di mana kualitas gambar dapat  menurun.

    Baca Juga  Kreatif Dengan Budget Yang Kecil! Lihat Cara Produksi Iklan Makanan yang Memukau

    Kisaran tonal yang meningkat juga membuat bit rate file video  lebih tinggi, ini  sangat baik untuk pengambilan gambar dengan latar green screen atau bekerja dengan efek digital. Gambar yang dihasilkan komputer biasanya memiliki kedalaman bit yang lebih tinggi sehingga, ketika dikomposisikan dengan video 8-bit, elemen yang dihasilkan secara digital dikurangi ke kedalaman bit yang lebih rendah dan kualitas gambar tidak ikut menurun.

    Kesimpulan

    Kedalaman bit hanyalah salah satu aspek dari format file video. Kualitas gambar yang kamu rekam juga akan tergantung pada faktor-faktor seperti sampel warna (misalnya: 4: 2: 0, 4: 2: 2 atau 4: 4: 4) dan laju data yang direkam. Namun, memiliki pemahaman tentang kedalaman bit akan mempermudah kamu  untuk mengevaluasi kamera mana yang dipilih untuk proyek video kamu.

     

     

     

    Recent Articles

    Yuk Mengenal Teknologi Artificial Intelligence di Kamera Hp

    Teknologi ponsel genggam saat ini terus berkembang, tak terkecuali fitur kamera yang sudah memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI). Sesuai dengan...

    MacBook Pro 15 Inci Dilarang Masuk Pesawat di AS, Ini Alasannya

    Lembaga keamanan penerbangan di Amerika Serikat melarang laptop MacBook Pro masuk pesawat. Alasannya terletak di urusan baterai. Apple sendiri...

    Yuk mengenal Perbedaan Netflix, Prime Video, Genflix, iflix, dan HOOQ

    Layanan streaming berbayar kini mulai merajalela hingga menggeser media konvensional untuk menyaksikan berbagai tayangan. Netflix adalah salah satunya. Penyedia layanan media streaming digital yang berbasis di...

    WhatsApp Bisa Dikunci dengan Sidik Jari, Begini Caranya

    Keamanan percakapan WhatsApp menjadi hal yang diperhatikan pengguna. WhatsApp memahami hal itu dan mulai mencoba sistem keamanan baru, yakni menggunakan fingerprint scanner atau pemindai sidik jari.

    Cara Pakai Filter AR InstaStories Baru di Instagram

    Instagram kini punya banyak filter AR baru di platformnya. Hal ini dimungkinkan karena media sosial itu telah membebaskan penggunanya untuk membuat filter Augmented Reality...

    Related Stories

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Stay on op - Ge the daily news in your inbox

    My title