Videografi: Mengenal Establish Shot

Tingkatkan skill merekam establishing shots  dengan komposisi fotografi 

Establish shot adalah satu shot yang sangat penting dalam videografi, Biasanya disebut juga wide shot, dan di jadikan adegan pembuka sebuah cerita video, Shot ini  memberitahu penonton di mana (dan kadang-kadang kapan) adegan berikutnya akan terjadi. Meskipun ini tampak seperti informasi sederhana untuk disampaikan .namun banyak pembuat video mengabaikan potensi kreatif shot ini,

Kita dapat menggunakan  beberapa prinsip fotografi untuk membuat gambar yang lebih baik

1. Wide Shot

Pertama, mari kita lihat pengambilan gambar   dalam komposisi  paling mendasar: yaitu komposisi yang  lebar dan sederhana.  Saya mengambil contoh cuplikan rekaman pengambilan  gambar  dari Captain America: The First Avenger, menggambarkan  New York yang cerah di sekitar tengah hari.

Bangunan-bangunan di latar belakang dan mobil-mobil di latar depan mengungkapkan bahwa adegan ini tidak terjadi di masa sekarang. Kita  dapat melihat bahwa  perang yang di ceritakan di dalam film ini  belum, karena tidak ada kapal yang menunggu untuk membawa tentara ke Eropa. Ini adalah seni  pemotretan. gambar ini  menetapkan beberapa prinsip dasar yang relevan dengan cerita. rekaman ini  kemudian secara bertahap bergerak ke atas dan ke arah langit New York.  pembuat film kemudian , menyorot, atau memperbesar ke arah bangunan tertentu untuk menyoroti di mana, khususnya, sebuah adegan  terjadi.

2. Classic Shot

Ada banyak contoh rekaman yang di mulai dengan   membangun  story dimuali dari rekaman bangunan tertentu.  komposisi lebar sederhana dari bangunan yang di ambil dengan  perspektif low angle menunjukkan adegan akan terjadi di lantai atas.

Dalam serial FX TV Fargo, episode ketiga  dibuka dengan gambar  gedung pencakar langit.  Dari penempatan kamera kita dapat mengasumsikan bahwa adegan tersebut kemungkinan akan terjadi di kantor-kantor yang digarisbawahi dengan warna merah.

Baca Juga  7 Smartphone Android dengan 4 Kamera, Cocok Buat Kamu Yang Suka Selfie!
Baca Juga  LAB Review Sony a7 III

Kemudian gambar  zoom in lebih mendekati gedung, menunjukkan di gedung  mana adegan  terjadi.

Akhirnya, melalui transisi rekaman makin mendekat, mengisolasi satu jendela dalam komposisi. Ini adalah bahasa  visual  bahwa adegan itu akan terjadi di kantor ini.

Banyak yang menganggap rekaman  seperti ini klasik karena sering muncul di film-film lama. meskipun terlihat lamban dan membosankan, dalam kasus Fargo, penggunaan rekaman  klasik bekerja dengan sempurna menggambarkan seluruh mood cerita.

3. Penggabungan Adegan

dalam film film moderen, establish shot  di buat dengan  menggabungkan cerita dalam pengambilan gambar itu sendiri. untuk contoh  serial FX TV Fargo Setelah pengambilan gambar klasik  gedung , lokasi langsung di cut  ke kantor dimana seorang pekerja terlihat sangat khawatir, tetapi kita belum tahu apa yang menyebabkannya stres seperti itu. gambar ini mengajak kita masuk ke dalam alur cerita si tokoh.

pada contoh  yang lain, perhatikan adegan berikut dari The Dark Knight. kita di bawa berada  berada di  pusat kota,  gambar kemudian mendekati sebuah bangunan tempat dua penjahat menerobos jendela untuk mencapai atap yang berlawanan. teknis ini adalah  menggabungkan cerita untuk digunakan sebagai estblishing shot.

Saat ini semakin banyak  para menggunakan shot shot seperti ini untuk establihsing shot  cerita mereka. Setelah semua,  rekaman enam detik dari sebuah bangunan akan memperlambat mood . Sinematografer film ini Roger Deakins  mengatakan

Penggunaan sebuah rekaman  adalah semua tentang konteks. Ya, tidak selalu masuk akal untuk merekam secara luas hanya demi memberi tahu pemirsa di mana mereka berada, tetapi terkadang, itulah yang masuk akal. Saya  menyarankan Anda menonton beberapa film favorit Anda dan melihat seberapa luas bidikan digunakan di dalamnya”

4. Kapan Establishing Lokasi Tidak Dibutuhkan?

Rekamam  establish shot  seringkali cukup sederhana dan tidak menarik rekaman ini hanya  untuk mengidentifikasi lokasi. Namun, ini  adalah aturan  yang dapat di abaikan. Batman vs Superman, misalnya, film ini menuai  kritik karena kurangnya rekaman adegan pembuka  dan sering tidak mengidentifikasi lokasi suatu adegan. Audiens menjadi bingung, dan itu menarik perhatian penonton keluar dari narasi.

Baca Juga  Mode "Picture in Picture" YouTube Kini Tersedia Gratis Untuk Android
Baca Juga  Menjadi Content Creator Wajib Mempelajari Tren Industri Konten dan Media

Namun, terkadang kita dapat melanggar aturan pengeditan film dengan sangat efektif. kamu  dapat memilih untuk tidak menetapkan lokasi untuk membangkitkan rasa kebingungan atau menyesatkan audiens kita. Ini adalah pendekatan klasik dalam drama kriminal yang membuat kita berpikir bahwa penjahat ada di ruangan yang akan dimasukkan polisi -sebenarnya mereka berada di lokasi yang berbeda.

Strategi ini sangat sukses untuk film  The Dark Knight. Batman baru  mengetahui bahwa Joker memiliki Rachel dan Harvey Dent di lokasi terpisah yang sedang  menghadapi kematian karena ledakan.

5. Establishing Waktu

Merekam establish shoot juga dapat memberikan keterangan waktu bagi penonton, Beberapa pembuat video sering melakukan ini misalnya timelapse matahari terbit  menunjukan cerita  terjadi di pagi hari. Cara terbaik untuk menetapkan waktu adalah pengambilan gambar di lokasi yang sama tetapi pada waktu yang berbeda. Penonton biasanya akan mengingat rekaman sebelumnya, dan dengan menggunakannya kembali pada waktu yang berbeda, kita  dapat secara halus menunjukkan berlalunya waktu.

Bagaimana pendapat teman teman tentang establish shot? silahkan berimasukan kepada kamu melalui kolom komentar di bawah ini

 

 

 

 

 

 

 

 

Latest articles

Apa itu LUT?

LUT atau “Lookup Table” adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah nilai input RGB ke nilai output RGB yang berbeda.

Wajib Tau, Bahas Isu Virus Corona Youtuber Tidak Akan Mendapat Bayaran Dari Iklan

Semua orang sepertinya ingin membicarakan tentang wabah virus corona, buat teman teman bikin konten terutama YouTuber sebaiknya hindari subjek ini -...

Facebook Berdayakan AI Untuk Mendeteksi Miliaran Akun Palsu

Facebook membuka informasi tentang alat yang digunakan untuk memerangi pembuatan akun palsu pada platform mereka, Facebook mengatakan memiliki metode...
44,6k Pengikut
Mengikuti

Related articles

Baca Juga  Yuk mengenal Perbedaan Netflix, Prime Video, Genflix, iflix, dan HOOQ

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

My title