8 Hal Keren yang Bisa Dilakukan Menggunakan Google Assistant

  • Sebagai asisten virtual, Google Assistant mempermudah kegiatan kita sehari-hari
  • Banyaknya fitur baru di Google Assistant yang membuatnya semakin fungsional
  • Mulai dari mengontrol perangkat smarthome hingga membacakan berita pagi


Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun lalu, Google telah banyak melakukan penyempurnaan untuk asisten virtual besutannya ini. Banyaknya fitur baru yang tersemat pada Google Assistant, yang dapat membuatnya semakin berguna dalam mendukung semua kegiatan pengguna. Apa saja sebenarnya yang bisa dilakukan Google Assistant untuk penggunanya?

1. Mengontrol Smart Home

Google Assistant yang ter-install pada smartphone dapat berperan sebagai pengontrol berbagai perangkat smarthome di rumah Anda. Seperti perangkat Google Home, yaitu sebuah speaker pintar untuk membantu keperluan di rumah. Tidak hanya itu, Google Assistant juga bisa kompatibel dengan perangkat smarthome yang dibuat oleh produsen lain, seperti Nest, lampu pintar Philips Hue, Belkin dan sebagainya. Anda juga bisa mengontrol pencahayaan, termostat, dan produk lainnya yang menggunakan kontrol suara langsung dari smartphone.

2. Melakukan Pengaturan Cepat

Google Assistant telah memiliki kemampuan untuk mendeteksi suara yang kita ucapkan, bahkan saat keadaan layar smatphone terkunci. Sehingga, Anda tak perlu membuka kunci layar smartphone, lalu mencari aplikasi di smartphone yang ingin diaktifkan. Cukup katakan, “OK Google, buka (sebutkan nama aplikasi yang ingin dibuka)”. Tidak berselang lama aplikasi yang Anda minta akan akan muncul. Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa fitur, seperti untuk Bluetooth, Wi-Fi, GPS, NFC dan lainnya.

Baca Juga  Videografi: Mengenal Establish Shot
Baca Juga  Review: Sony A6300 Vs A6400 Vs A6500

3. Tetap Bekerja saat Offline

Meski sebagian besar fitur Google Assistant memerlukan koneksi internet, Anda tetap dimungkinkan untuk menggunakan beberapa fiturnya secara offline. Seperti menambahkan jadwal ke Calender, mengatur Alarm, memutar musik dan lainnya

4. Mencari Suatu Tempat

Anda bisa bertanya kepada Google Assistant tentang berbagai hal. Salah satunya mencari informasi mengenai suatu tempat yang Anda ingin kunjungi. Sebagai contoh, jika Anda berada di sebuah tempat yang baru dan tak tahu harus makan siang di mana, cukup katakan “OK Google, temukan restoran Italia di dekat saya”. Google Assitant akan langsung memberikan berbagai lokasi restoran yang Anda cari. Bahkan bisa memberikan informasi secara lebih detail, seperti restoran mana yang buka sekarang, hingga memberikan petunjuk yang mana yang lebih dekat.

Foto: Shutterstock

5. Mengirim Pesan di WhatsApp

Saat ini, cukup banyak aplikasi layanan chat yang bekerjasama dengan Google Assistant, salah satunya WhatsApp. Jika sedang malas mengetik, Anda bisa mengirim pesan teks dengan perintah suara. Caranya, katakan “OK Google, kirim pesan WhatsApp ke (nama kontak yang dituju)”. Untuk isi pesannya, Anda tinggal menyebutkan kata-kata apa yang ingin disampaikan. Setelah itu, Anda tinggal mengonfirmasi pengiriman pesan tersebut. Semua bisa dilakukan tanpa menyentuh layar sekali pun.

6. Membacakan Berita Pagi

Saat dalam keadaan sibuk, namun Anda tidak ingin ketinggalan berita, biarkan Google Assistant membantu Anda. Caranya cukup dengan mengatakan “Putar berita”, maka Google Assistant akan menyuguhkan berita-berita menarik. Google Assistant akan mencarikan berita dari hasil pencarian di Google Search dan menyesuaikan sedang berita yang sedang ramai diperbincangkan.

7. Kabar Terbaru yang Dikirim Setiap Hari

Jika Anda lebih tertarik untuk mendapatkan informasi terbaru yang lebih spesifik, Google Assistant bisa sangat membantu. Misalnya jika Anda membutuhkan kabar harian tentang berita terbaru, cuaca, saham, dan lainnya, Anda tinggal mengatakan : “Kirim (sebutkan hal yang dibutuhkan) setiap hari”. Maka Google Assistant akan menyampaikan informasi yang diminta setiap hari untuk Anda.

Baca Juga  Mengapa Kita Tidak Bisa Lepas Dari Media Sosial?

Foto: Shutterstock

Baca Juga  9 Aplikasi Live Streaming Paling Populer Di Indonesia

8. Mencari Foto di Galeri

Jika Anda menyimpan banyak foto dari berbagai momen, terkadang sulit untuk mencari kembali foto yang ingin Anda lihat kembali. Apalagi jika foto yang tersimpan jumlahnya mencapai ribuan. Dengan Google Assistant, yang terintegrasi Google Photo, Anda bisa mengatur foto yang tersimpan berdasarkan lokasi, konten gambar, hingga orang-orang yang berada di dalam foto tersebut. Ini semua dimungkinkan berkat algoritma pintar yang tersemat pada Google Photo. Anda tinggal menyebutkan foto yang Anda maksud. Misalnya : “tunjukkan foto di (nama tempat saat foto)” atau bisa juga “temukan gambar foto saya bersama ibu”.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan Google Assistant di smartphone. Anda pun serasa memiliki asisten pribadi yang siap membantu kapan saja. Berbagai aktivitas pun kini bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Latest articles

Apa itu LUT?

LUT atau “Lookup Table” adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah nilai input RGB ke nilai output RGB yang berbeda.

Wajib Tau, Bahas Isu Virus Corona Youtuber Tidak Akan Mendapat Bayaran Dari Iklan

Semua orang sepertinya ingin membicarakan tentang wabah virus corona, buat teman teman bikin konten terutama YouTuber sebaiknya hindari subjek ini -...

Facebook Berdayakan AI Untuk Mendeteksi Miliaran Akun Palsu

Facebook membuka informasi tentang alat yang digunakan untuk memerangi pembuatan akun palsu pada platform mereka, Facebook mengatakan memiliki metode...
44,2k Pengikut
Mengikuti

Related articles

Baca Juga  5 Tips Membuat Video Sinematic

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

My title