• Home
  • Tips & Trick
  • Science
  • Course
  • About
More

    3 Langkah Dengan Panduan Gambar Ini Kamu Pasti Bisa Melakukan Live Streaming Di Youtube.

    Saat berselancar  di youtube , kadang  anda dapat melihat video langsung sebuah even  atau pengenalan produk baru. streaming langsung di YouTube adalah salah satu cara tercepat untuk menyebarkan informasi, berita, atau produk  untuk menjangkau khalayak luas secara real time. Namun, tidak begitu banyak orang yang tahu bagaimana cara mulai memulai video streaming. Oleh karena itu dalam artikel ini  saya akan menunjukkan tutorial langkah-demi-langkah yang sangat mudah di sertai  dengan gambar terperinci.Saya yakin setelah mempelajari posting ini, Anda dapat membuat video streaming Anda sendiri. Mari kita mulai!

    Tutorial ini  terdiri dari dua bagian, streaming melalui desktop dan aplikasi youtube di smartphone

    Kita mulai dengan perangkat desktop

    1. Pastikan akun Anda telah diverifikasi atau tidak memiliki pembatasan streaming langsung.
    Yang paling penting jika Anda ingin streaming langsung di YouTube adalah akun terverifikasi. Tujuan verifikasi ini adalah untuk menjamin identitas Anda, untuk menghindari spam dan penyalahgunaan. Ini juga cara yang baik untuk melindungi seluruh masyarakat, jadi jangan berkeberatan melakukannya hanya dengan 2 langkah mudah.

    Caranya, Buka https://www.youtube.com/verify, pilih negara  dan metode yang Anda inginkan untuk mendapatkan kode verifikasi. misalnya nomor telephone
    Setelah mengirimkan nomor telepon Anda, Anda akan menerima pesan teks atau panggilan suara. Isi saja kode di dalam kotak seperti gambar di bawah ini, dan selesai dengan langkah ini.

    Selain memiliki hak untuk streaming langsung, akun terverifikasi juga diizinkan untuk mengupload video lebih dari 15 menit.
    Tentang pembatasan streaming langsung, baca detail selengkapnya di https://support.google.com/youtube/answer/2853834  

    2.Aktifkan live streaming
    Masuk  ke dasboad youtube anda https://www.youtube.com/dashboard -> Saluran di panel kontrol di sisi kiri dasboad. Pastikan mengaktifkan fungsi Live Streaming.

     

    Baca Juga  Mengenal Cine Lens ( lensa Sinema)

    3. Siapkan encoder live streaming
    Sebelum memulai streaming, Anda perlu menyiapkan sendiri perangkat lunak pengkodean. Perangkat lunak ini membantu mentranskode video dan audio  ke dalam format yang dapat di baca oleh sistem YouTube dan dapat di tontonoleh semua pemirsa Anda. YouTube hanya mendukung perangkat lunak streaming terverifikasi mereka. Anda dapat memilih dari daftar yang di sediakan youyube pada link ini  https://support.google.com/youtube/answer/2907883?hl=id.

    Atur beberapa konfigurasi yang diperlukan di perangkat lunak tersebut untuk menghubungkannya ke akun YouTube Anda. 

    Sekarang … mulai streaming!
    Di dasbor YouTube, buka Streaming Langsung. Anda dapat memilih Streaming sekarang atau Event.
    Stream now: Ini adalah cara termudah untuk streaming namun dengan resolusi rendah. YouTube akan mendeteksi resolusi streaming dan frame rate secara otomatis.

    Isi informasi yang diperlukan dari video streaming Anda di tab BASIC INFO, termasuk judul, deskripsi, jadwal (opsional), kategori dan privasi sesuai keinginan Anda.

    Pada tab PILIHAN STREAM, Anda dapat memilih apakah video di siarkan dengan Latency Rendah (yaitu video untuk “pengoptimalan  interaksi”, yang berarti mendekati waktu nyata) atau Kualitas Tertinggi ( video yang lebih halus namun terdapat beberapa penundaan ( delay)

    Anda dapat menambahkan kartu Dana dari Penggemar di tab CARD untuk mendapatkan uang dari video streaming. jika ingin  belajar lebih banyak tentang kartu pembayaran  lihat di sini.

    Dengan opsi Stream seperti dalam panduan ini, pemirsa  dapat berinteraksi dengan Anda melalui live chat. Kotak obrolan akan muncul di sebelah kanan video saat streaming. Pemirsa tidak dapat mengirim karakter khusus, URL, tag HTML atau lebih dari 200 karakter untuk setiap kali mereka masuk dan mengobrol. Mereka diizinkan mengirim  maksimal 3 kiriman setiap 30 detik.

    Begitu Anda  berhenti mengirim sinyal pada sofware enkoder, YouTube juga akan berhenti melakukan live streaming.anda harus menunggu sekitar 12 jam untuk melihat Video live muncul di Pengelola chanel video anda. saran saya: Anda harus memiliki cadangan lokal untuk memback up video Anda.

    EVENT: Pilihan ini memberi kontrol lebih terhadap video Anda dalam memilih opsi privasi, menyetel waktu mulai dan lainnya.

    Setelah menambahkan info dasar, Anda bisa meng klik tombol go live now.

    tips: Anda juga dapat berbagi streaming melalui Google+, Twitter, atau jaringan sosial lainnya untuk mencapai penonton yang lebih luas.

    mobile streaming

    untuk dapat melakukan live stream melalui aplikasi smartphone, anda harus memenuhi beberapa persyaratan:

    1. Akun Anda telah diverifikasi atau tidak memiliki pembatasan streaming selama 90 hari.
    2. Lebih dari 10.000 akun berlangganan saluran Anda.
    3. Sistem operasi perangkat seluler Anda harus Android 6+ atau iOS 8+.

    Aktifkan streaming untuk pertama kalinya
    Instl  aplikasi YouTube versi terbaru, lalu pilih tombol kamera. Izinkan aplikasi memiliki izin untuk mengakses kamera, mikrofon, dan penyimpanan perangkat Anda. Lalu pilih GO LIVE.

    Memulai streaming
    Seperti pada versi desktop, Anda harus melengkapi info dasar video Anda, lalu Anda dapat GO LIVE.

    Jika Anda ingin berhenti, pilih FINISH, lalu OK. YouTube akan menambahkan arsip aliran langsung di saluran Anda setelah stream selesai.

    Untuk detail lebih lanjut tentang Mobile live streaming, klik di sini.

    Baca Juga: facebook live vs youtube live

    Baca Juga  Begini Cara Kerja Rolling Shutter ( Rana bergulir)
    Baca Juga  Mengenal Format dan Codec Video

     

     

     

     

    Recent Articles

    Yuk Mengenal Teknologi Artificial Intelligence di Kamera Hp

    Teknologi ponsel genggam saat ini terus berkembang, tak terkecuali fitur kamera yang sudah memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI). Sesuai dengan...

    MacBook Pro 15 Inci Dilarang Masuk Pesawat di AS, Ini Alasannya

    Lembaga keamanan penerbangan di Amerika Serikat melarang laptop MacBook Pro masuk pesawat. Alasannya terletak di urusan baterai. Apple sendiri...

    Yuk mengenal Perbedaan Netflix, Prime Video, Genflix, iflix, dan HOOQ

    Layanan streaming berbayar kini mulai merajalela hingga menggeser media konvensional untuk menyaksikan berbagai tayangan. Netflix adalah salah satunya. Penyedia layanan media streaming digital yang berbasis di...

    WhatsApp Bisa Dikunci dengan Sidik Jari, Begini Caranya

    Keamanan percakapan WhatsApp menjadi hal yang diperhatikan pengguna. WhatsApp memahami hal itu dan mulai mencoba sistem keamanan baru, yakni menggunakan fingerprint scanner atau pemindai sidik jari.

    Cara Pakai Filter AR InstaStories Baru di Instagram

    Instagram kini punya banyak filter AR baru di platformnya. Hal ini dimungkinkan karena media sosial itu telah membebaskan penggunanya untuk membuat filter Augmented Reality...

    Related Stories

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Stay on op - Ge the daily news in your inbox

    My title