Merekam Video Stabil Tanpa Tripod

Sebuah Kamera video yang paling canggih sekalipun tidak secara otomatis menjadikan kamu seorang videografer yang profesional. Untuk menjadi seorang videograpger yang profesional, kamu perlu berlatih termasuk berlatih bagaimana merekam video yang mantap saat kamu tidak menggunakan tripod.

Merekam video tanpa menggunakan tripod memiliki tantangan tersendiri, berikut beberapa tips dari tim bikinkonten agar video kamu tetap stabil dan keren!

Dekat dengan subjek

kamu tentu tidak ingin kecewa dengan hasil gambar yang bergoyang saat merekam sebuah momen seru, solusi yang paling tepat untuk kasus ini adalah mendekat kesubjek rekaman. Posisi yang agak jauh dan menggunakan fitur zoom untuk memperbesar subjek dalam frame pasti akan menghasilkan rekaman yang bergoyang.

Ketika kamu bergerak mendekat ke subjek kamu akan memperkecil dan mengurangi gerakan tubuh halus ( gerakan tubuh akibat tarikan nafas) .

Posisi tubuh

Memilih tempat yang tepat untuk berdiri sebelum merekam, kamu harusmenemukan tempat yang membuat kamu nyaman. tips dari kami cobala. Berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu,atau sedikit lebih lebar. posisi ini mungkin terlihat agak lucu tapi ini memberi kamu kuda kuda yang baik untuk memegang kamera . Setelah kamu mendapat kuda kuda yang baik tarik siku ke sisi tubuh. i ini berlaku untuk semua jenis kamera baik dslr maupun camcorder

dalam posisi ini kamu kamu bisa menggunakan pinggul untuk mengatur pergerakan camera misalnya pan dan tilt .

Perhatikan garis horizon

Saat menggunakan tripod kita mendapat panduan pada gelembung indicator untuk mententukan senter dan balance tripod, tujuan untuk memastikan camera tidak miring kesatu sisi. nah saat mengambil gambar tapa tripod kita bisa mengandalkan video grid untuk memastikan garis horizon subjek kita tidak miring ,

bayangkan kita merekam laut namun dengan garis horizon tidak rata membuat laut tanpak seolah olah menanjak pada satu sisi layar.

Gunakan lantai atau dinding untuk menompang camera

para videographer yang berpengalaman kadang mengambil gambar dengan meletakkan camera pada lantai , dinding atau tempat lain dengan permukaan yang datar. trik ini selain memberikan perspektif baru juga membantu para videographer mendapatkan gambar yang stabil .

Gunakan stabilizer image

Image Stabilizer merupakan salah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh kamera digital modern. Stabilisasi akan menghasilkan gambar yang lebih tajam, karena adanya peralatan tambahan yang dapat meredam getaran pada camera

.

Gunakan Eyepiece


Jika kamera kamu memiliki pilihan untuk menggunakan eyepiece atau layar video kecil untuk melihat apa yang kamu rekam, maka cobalah menggunakan eyepiece ini. karena tehnik ini dapat berperan sangat besar untuk mendapatkan video yang stabil, kaena ketika kamu meletakan kamera didepan mata.kepala kita akan menjadi objek lain untuk menompang dan meredam getaran kamera.

Selain itu,eyepiece mebantu kita memusatkan perhatian pada subjek yang sedang kita rekam.

nah teman teman bikinkonten sudah mengerti bagaimana mendapatkan gambar video yang stabil tanpa triopd yuk mulai bikinkonten, kirimkan konten atau link hasil karya kamu pada kolom kopmentar dibawah ini untuk kita bahas bersama sama

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here