How To: Streaming dari HP ke TV

Bagi kamu yang suka bermain game atau menonton film di HP, mungkin kamu sering bertanya-tanya, bagaimana cara menyambungkan HP ke TV agar kamu bisa bermain game atau menonton film di layar yang lebih besar, bukan?

Cara menampilkan layar HP di TV sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu menyambungkan HP ke TV dengan menggunakan kabel MHL atau tanpa kabel yaitu menggunakan dongle seperti Google Chromecast, Miracast, dan yang saat ini sedang populer yaitu Anycast. Dengan menggunakan perangkat-perangkat tersebut kamu pun bisa langsung streaming dari HP ke TV.

Cara Streaming dari HP ke TV - 1

Lalu, bagaimana caranya? Mari kita bahas satu per satu. Inilah cara streaming dari HP ke TVdengan menggunakan kabel MHL, Google Chromecast, dan Anycast.

Cara streaming dari HP ke TV dengan menggunakan kabel MHL

Cara Streaming dari HP ke TV - 2
Cara Streaming dari HP ke TV - 3

 

Untuk menyambungkan HP ke TV dengan cara ini, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan apapun. Kamu hanya perlu menyediakan kabel MHL yang memiliki dua konektor, yaitu Micro USB ke HDMI.

Namun sebelumnya, pastikan dulu kalau HP kamu mendukung fitur MHL, karena tidak semua HP menyediakan dukungan teknologi ini. Periksa terlebih dahulu apakah jenis kabel ini sesuai dengan port di HP kamu.

Kemudian, jika memang sesuai, cara menghubungkan HP ke TV dengan menggunakan kabel MHL Micro USB to HDMI adalah sebagai berikut:

1. Pertama, matikan terlebih dahulu TV kamu dengan menekan tombol ‘Power’ atau ON/OFF.

2. Kemudian, hubungkan HP ke TV dengan cara memasukkan ujung pipih kabel MHL ke port HP, sementara ujung kabel yang berukuran paling besar dimasukkan ke socket TV bertuliskan HDMI.

Baca Juga  10 Trik Sederhana Membuat Video Toko Online Untuk Media Sosial

3. Lalu, nyalakan kembali TV kamu dan pindahkan saluran ke opsi HDMI.

Baca Juga  Merekam Video Stabil Tanpa Tripod

4. Selanjutnya, centang opsi bertuliskan ‘HDMI Connection’ di HP kamu.

5. Sekarang, tampilan layar di HP kamu pun bisa dilihat di TV. Kamu bisa mengatur layar HP kamu ke posisi landscape agar sesuai dengan bidang layar TV dan lebih nyaman untuk dilihat.

Cara streaming dari HP ke TV dengan menggunakan Google Chromecast

Cara Streaming dari HP ke TV - 4
Cara Streaming dari HP ke TV - 5

Selanjutnya, kamu juga bisa melakukan streaming dari HP ke TV dengan menggunakan Google Chromecast.

Google Chromecast merupakan perangkat khusus dari Google yang bisa digunakan untuk menikmati streaming konten-konten multimedia. Bagi kamu yang belum memiliki smart TV, Google Chromecast tentu menjadi salah satu perangkat yang wajib dimiliki.

Cara menghubungkan HP ke TV dengan menggunakan Google Chromecast:

1. Di dalam kotak Google Chromecast, kamu akan menemukan Chromecast, kabel USB, dan kabel pengisi daya. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu, cari port HDMI di belakang atau pinggir TV kamu dan hubungkan Chromecast ke port HDMI di TV.2. Lalu, nyalakan TV dan tekan tombol ‘Input’. Setelah itu akan muncul opsi sambungan HDMI yang sesuai dengan Chromecast kamu.

3. Pilih opsi HDMI yang bertuliskan Chromecast, misalnya HDMI Chromecast atau HDMI-CEC Chromecast.4. Selanjutnya, unduh aplikasi Chromecast di HP kamu dan selesaikan pengaturan seperti membuat akun di aplikasi Chromecast.

5. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan kode yang muncul di layar TV melalui aplikasi Chromecast untuk proses sinkronisasi. Sambungkan aplikasi Chromecast ke jaringan WiFi yang sama dengan TV kamu.6. Chromecast dan TV pun telah tersambung dan tampilan layar di HP kamu pun bisa dilihat di TV.

Baca Juga  9 Tips "Bikinkonten" Kamu Disukai Google

Cara streaming dari HP ke TV dengan menggunakan Anycast

Cara Streaming dari HP ke TV - 7
Cara Streaming dari HP ke TV - 8
 
Cara Streaming dari HP ke TV - 9

Anycast sudah tersedia di pasaran dan dijual dengan harga terjangkau. Penggunaannya pun tidak jauh berbeda dengan Google Chromecast.

Baca Juga  9 Tips "Bikinkonten" Kamu Disukai Google

Inilah cara menghubungkan HP ke TV dengan menggunakan Anycast:

1. Pertama, siapkan Anycast yang akan digunakan.

2. Lalu, unduh aplikasi Anycast di HP kamu melalui Google Play Store.

3. Setelah mengunduh aplikasi Anycast, kemudian cari port HDMI di belakang atau pinggir TV kamu dan hubungkan Anycast ke port HDMI di TV.

4. Setelah terhubung, buka/aktifkan koneksi WiFi di HP kamu. Masukkan Nama SSID serta password yang muncul di tampilan layar TV kamu.

5. Setelah terkoneksi, bukalah aplikasi Anycast di HP kamu, dan tekan tombol kecil di AnyCast yang sudah terhubung di TV, tunggu sampai berubah tampilan, dan tunggu sampai benar-benar terkoneksi dengan baik.

6. Layar HP kamu pun sudah muncul di TV. Kamu bisa mengatur layar HP kamu ke posisi landscape agar sesuai dengan bidang layar TV dan lebih nyaman untuk dilihat.

Itulah beberapa cara streaming dari HP ke TV dengan menggunakan kabel MHL, Google Chromecast, dan Anycast. Bermain game atau menonton film pun menjadi lebih nyaman dan leluasa karena menggunakan layar yang lebih lebar. Selamat mencoba!

Recomendasi

https://www.bukalapak.com/p/elektronik/aksesoris-tv-video/1ufgt7-jual-kabel-mhl-micro-usb-to-hdmi-mobile-phone-hdtv

https://www.bukalapak.com/p/elektronik/media-player-set-top-box/cr05xr-jual-original-google-chromecast-untuk-mirroring-miracast-cast-chrome

https://www.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/82iqb6-jual-hdmi-dongle-wifi-display

 

 

 

 

Latest articles

Apa itu LUT?

LUT atau “Lookup Table” adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah nilai input RGB ke nilai output RGB yang berbeda.

Wajib Tau, Bahas Isu Virus Corona Youtuber Tidak Akan Mendapat Bayaran Dari Iklan

Semua orang sepertinya ingin membicarakan tentang wabah virus corona, buat teman teman bikin konten terutama YouTuber sebaiknya hindari subjek ini -...

Facebook Berdayakan AI Untuk Mendeteksi Miliaran Akun Palsu

Facebook membuka informasi tentang alat yang digunakan untuk memerangi pembuatan akun palsu pada platform mereka, Facebook mengatakan memiliki metode...
44,2k Pengikut
Mengikuti

Related articles

Baca Juga  Ini Rahasia Jadi Populer di Youtube! Youtuber Wajib Tahu Bocoran Dari Google Indonesia

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

My title