Runtuhnya dominasi siaran langsung televisi.

Siaran langsung atau Live, dulu adalah domain atau wilayah orang-orang televisi. Kalo anda orang awam dan bukan orang tv, jangan pernah bermimpi untuk dapat melakukan siarang langsung. Apalagi anda sendirian, nggak punya kamera, nggak punya satelit link dan yang pasti anda juga tidak punya media ( ato Televisi, untuk menayangkan siaran anda ).

Pada kisaran tahun 1990 – 2010, melakukan siaran langsung adalah sebuah ‘ritual’ yang cukup ribet, njlimet dan bikin mumet. Ribet plus njlimet karena melibatkan banyak sekali orang dan divisi. Perlu kamera dan kamerawan, perlu peralatan audio dan audioman, perlu switcher, perlu operator VTR, perlu Technical Director, butuh orang Listrik, butuh orang transmisi, butuh mobil SNG, butuh jarigan satelit Telkom atau Indosat. Masih ada lagi, butuh sopir, butuh Produser yang memimpin crew, butuh Unit manager, butuh makan-minum dan pastilah butuh duit bro ! Soalnya nggak bisa dibayar pake daun…hehehe !

Itu baru di satu sisi, di lapangan. Yang di studio masih nggak kalah ribetnya. Harus standby operator yang menerima hasil siaran langsung dari lapangan dan mem-broadcast lagi dari studio.

Dalam hitungan kasar, untuk melakukan siaran langsung ato Live, bisa memerlukan operator sampai 20 orang. Tentu saja bisa lebih atau kurang, tergantung situasi dan kondisi. Kisaran crew pastilah sekitar belasan orang.

Tapi itu dulu. Kini jaman sudah berubah. Dan semua itu lambat laun akan menjadi “dongeng” dan sejarah pada zaman nenek moyang.

Hadirnya Youtube Live dan Twitter Live ( Periscope ) menjadi momentum bangkitnya media sosial untuk dapat melakukan siaran langsung, yang tidak harus ditayangkan di media Televisi. Dan hadirnya Facebook Live semakin me-rongrong dominasi siaran langsung televisi. Urusan Live atau siaran langsung, sekarang tidak melulu hanya dapat dikerjakan oleh orang-orang tivi.

Baca Juga  Mungkinkah Sony Mengalahkan GoPro ?
Baca Juga  MacBook Pro 15 Inci Dilarang Masuk Pesawat di AS, Ini Alasannya

Siapapun anda, dimanana pun anda dan kapan pun, anda dengan mudah bisa melakukan Live ! Hampir setiap hari kini ada saja teman-teman kita di facebook yang melakukan Live. Entah lagi jalan-jalan, rapat, makan atau bahkan di tengah laut pun bisa Live.

Saat ini untuk melakukan siaran langsung ato Live, dapat anda lakukan dengan sendirian dan tanpa melibatkan banyak crew. Hanya dengan bermodal sebuah smartphone, account facebook, jaringan internet, dan cukup dengan tiga kali klik – anda sudah bisa Live. Sungguh Wyar Biasa ! Nggak perlu ribet, nggak pake njlimet dan nggak bikin mumet.

Pesen saya : gunakan fitur Live ini secara bijak , positif dan tidak bersifat provokasi, agar tidak merugikan para pengguna facebook dan media sosial lainnya.

 

So what are you waiting for ? Live your life !!!

Sigit Purwono @raturutv

Penggiat Live di Media sosial

www.facebook.com/sigit.purwono

www.balilivestreaming.com

Facebook Live

Recent Articles

Apa itu LUT?

LUT atau “Lookup Table” adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah nilai input RGB ke nilai output RGB yang berbeda.

Wajib Tau, Bahas Isu Virus Corona Youtuber Tidak Akan Mendapat Bayaran Dari Iklan

Semua orang sepertinya ingin membicarakan tentang wabah virus corona, buat teman teman bikin konten terutama YouTuber sebaiknya hindari subjek ini -...

Facebook Berdayakan AI Untuk Mendeteksi Miliaran Akun Palsu

Facebook membuka informasi tentang alat yang digunakan untuk memerangi pembuatan akun palsu pada platform mereka, Facebook mengatakan memiliki metode...

Related Stories

7 Comments

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox

Baca Juga  Yuk Mengenal dan Memahami Rating TV Nielsen
My title