Yuk Mengenal dan Memahami Rating TV Nielsen

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female”]

Para menejer di stasiun televisi  secara teratur mendapatkan laporan  tentang performa program siaran melalui  perusahaan The Nielsen Company, Perusahaan ini memberikan laporan tentang pilaku  pemirsa terhadap stasiun televisi.

Bagi stasiun televisi, laporan ini sangat penting  untuk mengetahui bagaimana cara membangun pemirsa setia dan menarik pengiklan kestasiun TV.

Cara nielsen mengumpulkan data pemirsa.

Nielsen memiliki  sejumlah sample keluarga di beberapa kota besar di indonesia,  dari sample ini nielsen  melacak kebiasaan menonton mereka selama jangka waktu tertentu. Hasil pelacakan inilah yang digunakan untuk memperkirakan ukuran audiens nasional atau penonton di wilayah tertentu.

 Laporan Nielsen

Jika Kamu bekerja di sebuah stasiun televisi, Coba minta Kepada  manajer  kamu  untuk melihat Laporan Rating.  Informasi ini mahal dan sangat penting bagi keberhasilan bisnis, biasanya dijaga  dengan sangat ketat.

Untuk beberapa wilayah, peringkat terperinci Biasanya di  berikan  sekitar 30 hari, Namun   untuk daerah utama peringkat Rating ini  dilacak terus menerus dan bagikan sebagai laporan “harian”.

Pengukuran  dilakukan di sepuluh kota besar, yaitu Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Tangerang, Bekasi), Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya (dan Gerbangkertasila), Denpasar, Makasar, Medan, Palembang, dan Banjarmasin.

Penyebaran sampel tidak sama di setiap kota, Jakarta 55 persen, Surabaya 20 persen, Bandung 5 persen, Yogyakarta 5 persen, Medan 4 persen, Semarang 3 persen, Palembang 3 persen, Makassar 2 persen, Denpasar 2 persen, dan Banjarmasin 1 persen.

Membaca  Rating Program

PERINGKAT TV ( TVR)

Peringkat televisi digabungkan dengan analisis rinci tentang perilaku menonton konsumen dan informasi demografis. Anggota rumah tangga mana yang menonton? Dan program mana yang mereka tonton bersama? Karakteristik keluarga mana, seperti kepemilikan hewan peliharaan, pendapatan dan pendidikan berkorelasi dengan pilihan penampilan? Kedalaman pengetahuan ini memungkinkan klien untuk memperbaiki kampanye mereka berdasarkan komposisi demografi, komposisi paruh hari.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=uDwAZvpoVhE[/embedyt]

Baca Juga  Facebook Berdayakan AI Untuk Mendeteksi Miliaran Akun Palsu
Baca Juga  Runtuhnya dominasi siaran langsung televisi.

perkiraan persentase penonton yang menonton program tertentu adalah , misalnya program  ” Pangeran ” SCTV  memiliki rating pemirsa rumah tangga 5,1 itu berarti Nielsen memperkirakan bahwa 5,1% dari jumlah penonton di pasar rumah tangga program Pangeran SCTV ini.

Di sisi lain, 94,9% penonton lain mungkin menonton stasiun lain, atau melakukan kegiatan lain. Penghitung rumah tangga mengukur rumah, bukan orang. Jadi secara teknis, Program Pangeran SCTV  ada di 5,1% rumah – kondisi ini bisa saja di simpulkan  satu orang mungkin menonton di satu rumah, dan  empat orng  di tempat lain. Pengukuran rumah tangga tidak memperhitungkan perbedaan itu.

 Program Share

Program share  adalah perkiraan persentase jumlah rumah tangga yang menggunakan televisi yang menonton suatu program. Jika ” Pangeran ” SCTV  memiliki pangsa pasar 23,0 sperti table diatas, berarti 23% rumah menonton siaran tersebut. Jumlah ini menghilangkan makan malam masak, nonton di bioskop atau melakukan hal lain. Akibatnya, Share  selalu lebih tinggi dari rating.

Trek Demografi

dari laporan ini kita   mulai melihat angka untuk orangper orang yang ada di rumah. Laporan Nielsen dibagi menjadi daftar panjang kelompok usia. Meskipun mungkin melelahkan untuk membandingkan angka antara wanita usia 18-34 tahun dengan pria berusia 25-54,tapi ini adalah angka yang paling penting bagi pengiklan.

Trek Spot Pasar

Manajer media menggunakan data ini  untuk memutuskan apakah program mereka disenangi penonton.  Tapi karena pengukuran penonton tidak pernah  pasti, mungkin ada sedikit kebingungan dalam hal pengukuran .

Misalnya,  program sinetron “Pangeran SCTV”mungkin akan berkinerja buruk dibandingkan kompetitornya dalam periode penilaian. Angka tersebut dapat pulih dalam laporan berikutnya.

Baca Juga  MacBook Pro 15 Inci Dilarang Masuk Pesawat di AS, Ini Alasannya
Baca Juga  Apa dan Siapa Kontributor Televisi?

Bagaimana Pengiklan Menafsirkan Rating Televisi.

Sebagian besar stasiun berlomba lomba untuk menjadi  nomor satu. namunperingkat ini terus berubah misalnya sebuah stasiun berita   berada pada  peringkat ketiga pada sore hari dan peringkat pertama pada pagi hari. Sangat jarang kita  menemukan stasiun yang berada di peringkat teratas sepanjang hari.

Sementara, para  pengiklan lebih peduli tentang demografi. Jika mereka ingin mencapai orang dewasa muda, mereka tidak peduli jika misalnya  program  berita menjadi  nomor satu dan data demografi menunjukan program tersebut di tonton oleh  orang-orang berusia 55 tahun ke atas.


Rating  bisa  ditafsirkan dengan cara yang tak terbatas. Sebuah stasiun mungkin mengatakan rating peringkat program  kami  naik  berlipat ganda. namun bisa  saja  program tersebut berubah dari 1 peringkat menjadi 2. Klaim menjadi “stasiun televisi dengan pertumbuhan tercepat di indonesia”bisa jadi benar, namun masih menyesatkan.

 

Latest articles

Apa itu LUT?

LUT atau “Lookup Table” adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah nilai input RGB ke nilai output RGB yang berbeda.

Wajib Tau, Bahas Isu Virus Corona Youtuber Tidak Akan Mendapat Bayaran Dari Iklan

Semua orang sepertinya ingin membicarakan tentang wabah virus corona, buat teman teman bikin konten terutama YouTuber sebaiknya hindari subjek ini -...

Facebook Berdayakan AI Untuk Mendeteksi Miliaran Akun Palsu

Facebook membuka informasi tentang alat yang digunakan untuk memerangi pembuatan akun palsu pada platform mereka, Facebook mengatakan memiliki metode...
44,2k Pengikut
Mengikuti

Related articles

Baca Juga  Bisakah saya menjadi news cameraman?

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

My title