Bisakah saya menjadi news cameraman?

Menjadi kamerawan televisi bukan hanya tentang mennggunakan kamera dan mendapatkan gambar yang bagus. Ada lebih dari itu. coba Tanyakan pada diri kamu beberapa pertanyaan:

  1. Apakah saya menyukai gambar? baik gambar diam ( photo)  Atau gambar bergerak (video)?
  2. Apakah saya memiliki penglihatan warna normal?.
  3. Apakah saya cukup fit dan aktif?.
  4. Dapatkah saya bekerja dengan orang-orang, bahkan orang-orang yang tidak saya sukai, atau yang berbeda pandangan dengan saya , tanpa secara terbuka menampilkan perasaan saya?.
  5. Dapatkah saya menilai sebuah situasi dan membuat keputusan segera?.
  6. Dapatkah saya meng imajinasikan visual seperti apa yang akan saya buat di tempat saya akan mengambil gambar?
  7. Apakah saya tahu bagaimana mengendalikan keadaan di lapangan?
  8. Dapatkah saya memilih lensa dan sudut pandang yang tepat untuk pengambilan gambar tertentu?
  9. Apakah saya tahu bagaimana keseimbangan warna mempengaruhi gambar?
  10. Apakah saya akan menggunakan tripod atau tidak?

Jika kamu memberi skor ‘Ya’ ke lima pertanyaan pertama, kamu memiliki bakat dasar yang dibutuhkan seorang juru kamera yang serba bisa. Sisanya akan kamu dapatkan dari pelatihan dan pengalaman.

Jangan salah, tidak  mudah dan mungkin tidak akan terjadi dengan cepat. Saat kamu sedang berusaha  menguasai dasar-dasar, kamu juga harus mengikuti perkembangan teknologi yang bergerak sangat  cepat dan harus  dihadapi , kamera dengan tehnologi baru dan format rekaman baru , perubahan alur kerja yang didorong oleh  perubahan tehnologi media serta   persyaratan pasca produksi misalnya format video codec , kompresi , aspek ratio dan hal hal lain seputar produksi.

Memulai Karir

Berbeda dengan industri perfilman, tidak ada jalur formal untuk menjadi juru kamera televisi. hampir semua stasiun televisi melatih juru kameranya sendiri biasa di sebut inhouse training, Saat ini, banyak juru kamera memasuki industri ini melalui perguruan tinggi atau universitas yang menawarkan kursus produksi film dan televisi. Jika itu adalah Jalur yang kamu pilih, perhatikan baik-baik apa yang ditawarkan masing-masing kursus, dan tanyakan bentuk praktek seperti apa yang akan kamu terima, jenis peralatan yang mereka miliki baik di studio maupun tempat kerja mereka, dan apakah kursus tersebut menggunakan dosen tamu yang saat ini bekerja sebagai juru kamera?. Banyak kursus lebih berkonsentrasi pada produksi daripada akuisisi, jadi pastikan bahwa kursus yangkamu pilih akan memberi landasan dan pengetahuan yang baik tentang dasar-dasar videography.

Jalur alternatif lainnya adalah  bekerja untuk rumah Pruduksi atau perusahaan rental. Kelihatannya agak aneh, tapi kamu pasti akan mengenal peralatan dan bagaimana menggunakannya, dan yang terpenting, bertemu dengan beberapa klien dan juru kamera sebagai sumber informasi untuk masuk kedunia televisi. Kamerawan televisi pada umumnya adalah sekelompok orang yang cukup ramah, dan jika kamu menunjukkan ketertarikan serta meluangkan waktu untuk belajar, banyak  kamerawan yang  akan meluangkan waktu untuk menjelaskan bagaimana cara bekerja di stasiun televisi, bagaimana menggunakan peralatan shooting dan informasi Bermanfaat lainnya. ini dapat membantu jika kelak kamu bekerja sebagai kamerawan televisi,

Hubungan Baik

Belajar sambil bekerja tidak berarti hanya memungut kamera dan menawarkan diri sebagai juru kamera! ada baiknya kamu menemukan seorang juru camera televisi  atau kelompok juru kamera, yang akan membantu kamu mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi juru kamera, sesuai dengan  cita cita kamu.  Keuntungan lain berhubungan dengan juru kamera televisi adalah kemungkinan kamu mendapat kesempatan unutuk mengamati kegiatan di dalam studio televisi, atau kegiatan shooting di lokasi. kamu juga akan  mendapat kesempatan untuk mengenal beberapa peralatan yang mereka gunakan.  dan kesempatan lain  untuk mengasah ketrampilan kamu.

Jika kamu memutuskan untuk belajar menjadi kamerawan televisi , baik dalam produksi single maupun multi camera, atau mempelajari berbagai disiplin ilmu tentang dunia televisi, bergabunglah ke dalam web site KJI ini, ada banyak pengalaman dan ilmu dari teman teman kamerawan  jurnalis indonesia yang dapat menjadi teman diskusi dan mengajari kamu tentang televisi atau jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang dunia pertelevisian langsung dari para profesional di bidangnya kamu bisa mendaftar untuk mengikuti broadcast training yang di selengarakan  oleh KJI

 

 

 

Recent Articles

Apa itu LUT?

LUT atau “Lookup Table” adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah nilai input RGB ke nilai output RGB yang berbeda.

Wajib Tau, Bahas Isu Virus Corona Youtuber Tidak Akan Mendapat Bayaran Dari Iklan

Semua orang sepertinya ingin membicarakan tentang wabah virus corona, buat teman teman bikin konten terutama YouTuber sebaiknya hindari subjek ini -...

Facebook Berdayakan AI Untuk Mendeteksi Miliaran Akun Palsu

Facebook membuka informasi tentang alat yang digunakan untuk memerangi pembuatan akun palsu pada platform mereka, Facebook mengatakan memiliki metode...

Related Stories

2 Comments

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox

My title