5 Trik Visual Storytelling : Membangun Karakter

Content creator sering bertanya “apa itu visual storytelling”?, Visualstorytelling adalah seni mengkomunikasikan ide, konsep, informasi, secara runtun, efektif melalui media visual agar dapat lebih mudah dipahami oleh khalayak, dalam videgraphy sotrytelling adalah memanfaatkan kekuatan bercerita dengan dalam bentuk audio dan visual.

Mengapa visual storytelling?

Manusia sebenarnya sebagian besar hidupnya adalah menerima informasi dalam bentuk visual. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh wishpond.com, 90% otak manusia menerima informasi dalam bentuk visual dan 93% manusia berkomunikasi secara visual. Melalui informasi visual, seseorang akan lebih mudah dan lebih cepat untuk memahami informasi tersebut.

Kekuatan utama story telling dalam video adalah:

  • Emotional: Penonton punya kesempatan untuk tersentuh emosinya dengan cerita di video.
  • Educational: Dapat menyampaikan hal-hal informatif dalam rangkaian cerita.
  • Emphatic: Dengan menonton video dapat menumbuhkan rasa percaya dan empati dari penonton.
  • Engaging: Setelah menonton video, penonton dapat terlibat lebih lanjut dengan memberikan komentarnya untuk video atau membagikan video ke teman dan kerabatnya, jadi lebih shareable dan memiliki potensi untuk viral

Visual Storytelling Tricks

Bermain dengan waktu

mengambil gambar adegan dan mengatur kecepatan pemotongan dalam pengeditan akan membuat perbedaan dalam ketegangan dan waktu yang ditampilkan ke penonton. Misalnya, saat kita mengambil gambar adegan seseorang sedang gugup dan orang lain marah karena dia ingin mendapatkan informasi dari orang yang gugup tersebut. kita dapat melakukan pemotongan cepat dan memotong tindakan berbeda yang dilakukan karakter.

kita juga dapat membuat potongan lompatan untuk menunjukkan kesan waktu. Atau dapat juga mempeerpanjang clip adegan dan menampilkan setiap aksi dari awal hingga akhir tanpa memotongnya,meski memperpanjang durasi dan membuat tempo menjadi jauh lebih lambat tetapi cara ini juga menciptakan banyak ketegangan.

Baca Juga  Kreatif Dengan Budget Yang Kecil! Lihat Cara Produksi Iklan Makanan yang Memukau

Karakter tokoh utama

Pengertian karakter dalam film umumnya sama dengan pengertian karakter pada
karya sastra, didalamnya memiliki unsur naratif dan penggambaran seorang secara visual, atau gambaran yang jelas tentang seseorang yang ditampilkan dalam suatu cerita

Baca Juga  Panduan Lengkap - Camera shot, Angles dan Perspektif
video 1

kami mencoba membuat adegan seperti misalnya seorang chartacter memasuki sebuah ruangan untuk mengambil sesuatu.. Saat saat merekam , kami menggunakan lensa dengan sudut lebar dan camera bergerak mendekati subjek yang mengarahkan camera ke kabinet tempat barang disimpan. kamera terus bergerak semakin dekat menggambarkan ekpresi wajahnya. Kamera kemudian bergerak mundur dan, penonton akhirnya lega setelah melihat barang yang di ambil.

Ungkapan Emosi

Anggaplah kita membuat sebuah adegan dua orang duduk di sebuah ruangan dan salah satunya menceritakan kabar buruk kepada temannya. kemudian temanya meninggalkannya. Di sini penonton kita ajak untuk fokus pada dua elemen, yang pertama adalah emosi orang yang tetap duduk dan orang yang keluar dari frame video kita. dalam adengan ini kita menunjukan emosi seseorang yang baru saja menyampaikan kabar buruk, mungkin dia merasa bersalah tentang sesuatu atau rasa malu. Di latar belakang kita bisa mendengar suara gerutuan dari karakter lain.

Kamera kita kemudian bergerak perlahan menjauhi karakter , kita menunjukkan emosi dan reaksi dari karakter kedua kita. Mungkin dia sedang melihat mobilnya yang telah tergores karakter pertama.

Hubungan karakter

Tip yang sangat penting adalahbagaimana menempatkan karakter di dalam ruangan. Jika dua karakter duduk bersebelahan, melihat dengan cara yang sama itu menciptakan perasaan persahabatan. Mereka saling mengenal dan memiliki hubungan yang positif.

Jika karakter terpisah satu sama lain, menunjukan mereka tidak mengenal satu sama lain.atau Jika mereka duduk bersebelahan tetapi salah satu dari mereka mencondongkan tubuh ke depan atau ke arah lain, dia tidak menunjukkan minat pada orang lain yang berarti mereka memiliki hubungan yang buruk dan tidak ramah.

Baca Juga  Videografi: Mengenal Establish Shot

Contoh lain bisa jadi adalah kekosongan dari sebuah adegan di mana sepertinya seseorang ditinggalkan. Jika kita hanya menempatkan satu orang dalam frame, kita akan menciptakan perasaan kosong. Orang tersebut merasa ditinggalkan dan sendirian, mungkin pasangannya meninggalkannya atau perasaan kekosongan lain.

Baca Juga  Bisakah saya menjadi news cameraman?

Contoh ketiga dari hubungan karakter bisa dengan elemen lain . Di sini kita dapat membiarkan seseorang menyampaikan kabar buruk kepada orang lain. di tengah frame kita berikan elemen set yang memblokir karakter, membuat kotak visual untuk masing-masing karakter di layar. Penghalang visual ini menciptakan perasaan bahwa setiap orang sendirian, sehingga orang yang menyampaikan kabar buruk tidak dapat menghibur orang lain. Penghalang visual bisa menjadi teknik untuk banyak cerita berbeda.

Fokus Karakter

Teknik terakhir adalah ketika kamera mencoba membuat penonton fokus pada karakter tertentu. Sekali lagi kita memiliki adegan di mana orang A menyampaikan kabar buruk kepada orang B. Orang pertama menyuruh yang lain untuk duduk untuk mendengar kabar buruk tersebut. Sekarang kamera bisa mengikuti orang kedua (yang sedang duduk) dengan gerakan miring dengan cara itu kita fokus pada karakter dan emosinya. Jika kita melakukan yang sebaliknya dan kamera kita mengikuti orang pertama (orang yang memberi tahu kabar buruk), kita fokus padanya dan itu menciptakan perasaan bahwa kita merasa tidak enak karena dia harus memberi tahu kabar buruk.


Recent Articles

Panduan Lengkap – Camera shot, Angles dan Perspektif

Pemilihan sudut kamera dengan dengat tepat akan memengaruhi reaksi audiens dan interpretasi tentang apa yang disajikan dalam layar.

Ponsel Black Market Resmi di Blokir, cek Imei Sebelum Membeli

Mulai tanggal 15 September 2020, Pemerintah Indonesia memberlakukan pemblokiran ponsel black market (BM) melalui identifikasi nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI). handphone,...

Google mengumumkan paket hardware Meet, untuk ruang konferensi

Google dengan cepat memperbarui perangkat lunak konferensi video Google Meet-nya, karena pandemi COVID-19 berarti lebih banyak orang mengandalkannya . Baru baru ini,...

5 Trik Visual Storytelling : Membangun Karakter

Content creator sering bertanya "apa itu visual storytelling"?, Visualstorytelling adalah seni mengkomunikasikan ide, konsep, informasi, secara runtun, efektif melalui media visual agar...

85% Ekstensi Pada Browser Chrome Tidak Memiliki Kebijakan Privasi

Beberapa browser terkenal seperti Google Chrome menyediakan ekstensi, di mana fitur ini berguna bagi mereka yang ingin menggunakan pemblokir iklan, pintasan, menyimpan...

Stay on op - Ge the daily news in your inbox

Related Stories