10 Inspirasi Membuat Video Untuk Media Sosial

Secara teknis kita bisa saja membbagikan tautan video asal-asalan di media sosial. Namun ada beberapa tips agar video kamu lebih efektif dan bahkan menjadi viral, artikel ini mengulas beberapa video yang sukses pada berbagai platform media sosial yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk video bikinan kamu

Perbedaan video pada platform media sosial ( facebook, Twitter, Instagram) adalah video umumnya ditemukan, bukan dicari. Orang-orang hanya akan mencari video, misalnya untuk belajar atau mencari tau bagaimana melakukan sesuatu, pada platform YouTube atau Google. Tetapi pada pada platform seperti facebook, Twitter, dan Instagram, algoritma membuat video lebih cendrung ditemukan. misalnya pada saat kita mengulir feed sosial media. Apakah kita akan menonton atau tidak tergantung seberapa menarik dan memikatnya video itu.

Video Terbaik untuk Media Sosial

Tim bikinkonten menemukan 10 jenis video yang paling berhasil di media sosial, beberapa taktik terbukti dapat membantu meningkatkan peluang orang melihat dan menonton video yang kamu share pada media sosial hingga selesai.

Catatan.!. beberapa jenis video yang kami ulas pada artikel ini memiliki kinerja yang baik pada media sosial, tetapi apa yang disukai oleh satu audiens belum tentu disukai oleh semua orang, jadi ketika kamu memutuskan ide video, jangan takut mengkombinasikan berbagai jenis video untuk memikat follower dan audience kamu.

1. Interview/Q&A

Wawancara informatif atau Tanya Jawab adalah cara yang bagus untuk menarik minat penonton, dengan cara ini kamu dapat melibatkan follower sosial media kamu. sederhanyan kamu menjawab pertanyaan mereka. misalnya pada video bagaimana kami menjawab pertanyaan folower kami tentang THR kamera pada video dibawah ini.

Kami menjawab pertanyaan dengan mengumpulkan pertanyaan pertanyaan dari follower . Format T&J ini kami kemas dengan format video solo dimana kami berbicara langsung dengan pengikut akun sosial media kami dengan menjawab pertanyaan yang mereka kirimkan. nah kamu dapat mencoba cara seperti ini baik dengan merekam video kamu kemudian menguploadnya atau melalui siaran langsung.

2. Behind-the-Scenes

Orang orang biasanya penasaran ingin mengetahui bagaimana proses dibalik layar..! Rasa penasaran ini bisa kamu kemas menjadi sebuah konten video untuk membangun kepercayaan dan koneksi dengan follower dan audiens, caranya tunjukan kepada mereka bagaimana dan apa saja yang kamu gunakan dalam melakukan sesuatu.

Baca Juga  Trik Mudah Bikin Video Berkualitas Pakai Smartphone Android
Tur studio kami ini, menunjukan belakang layar bagaimana kami membuat video video pada chanel youtbe kami.

Video video seperti ini sangat baik di gunakan jika kamu ingin membuat video untuk mengulas produk baru untuk bisnis atau untuk menjelaskan bagaimana budaya sebuah organisasi.

Baca Juga  Cara menghentikan Aplikasi Yang Mencuri data Dari Facebook Kamu

3. Feature/Product Video

Menurut sebuah penelitian, 78% orang mengatakan bahwa keputusan mereka dalam melakukan pembelian sebuah produk dipengaruhi oleh posting media sosial. Video adalah cara terbaik untuk menjelaskan produk atau mendemonstrasikan fitur tertentu.

Posting produk pada media sosial informal memberikan dampak lebih otentik daripada iklan, dan mendorong orang untuk mengklik “beli.”

4. Live Videos

Sebagian besar platform sosial media saat ini menawarkan fitur live streaming dan biasanya audience menyukainnya. Streaming langsung adalah cara yang fantastis untuk membuat video produk tampak lebih real dan transparan sambil terus meningkatkan keterlibatan dan membina koneksi dengan penggemar kamu.

5. Promosi and Deals

Semua orang menyukai promosi dan deals! Tawarkan kepada pengikut media sosial sebuah tawaran eksklusif misalnya potongan harga pada priode tertentu atau potongan harga khusus untuk share dan like.

Kamu dapat menarik perhatian folower kamu dengan membuat sebuah video yang menarik untuk mempromosikan penjualan atau promo sebuah produk.

6. User-Generated Content

Membuat konten tentu saja memakan waktu dan biasa. jadi biarkan follower setia kamu membagikan beberapa konten mereka sendiri pada halaman atau timeline milik kamu.

Jika kamu memiliki follower yang cukup besar kamu bisa juga mengadakan kontes untuk mengumpulkan konten yang dibuat oleh pengguna atau follower kamu, ini juga bermanfaat untuk menjangkau influencer, atau mencari video yang telah diposting oleh penggemar kamu secara organik.

7. Giveaways and Contests

Siapa yang tidak suka barang gratis! Kontes adalah cara yang sudah terbukti meningkatkan keterlibatan follower media sosial, dan kamu bisa menggunakan video untuk memperluas jangkauan konten kamu, lebih jauh.


Kamu bisa membuat sebuah video untuk mempromosikan kontes dan untuk mengumumkan pemenang yang mendapatkan hadiah dari kamu, kamu bisa melakukan siaran langsung saat memilih pemenang yang memposting atau terlibat dengan platform media sosial kamu

Baca Juga  Merekam Video Stabil Tanpa Tripod

8. Events

Pancing minat pengikut media sosial kamu dengan memposting video event atau, atau acara yang akan kamu hadiri.

Video event akan memberikan gambaran tentang acara yang akan kamu buat atau kamu hadiri, ini akan memancing minat teman teman sosial media kamu untuk menghadiri, kamu bisa juga merekam atau melakukan siaran langsung untuk event ini, bagi mereka yang tidak dapat menghadiri event, untuk menarik minat mereka, tawarkan menu eksklusif di acara tersebut misalnya dengan menunjukkan apa yang tidak bisa dilihat oleh peserta yang hadir di gedung tempat acara berlangsung. sebagaicontoh kamu bisa membuat wawancara khusus dengan pembicara atau sajikan apa yang sedang terjadi di belakang panggung acara ini akan sangat menarik bagi pemirsa di rumah .

Baca Juga  Merekam Video Stabil Tanpa Tripod

9. Breaking News/Trending

Saat ini, lebih dari dua pertiga orang dewasa mengakses setidaknya beberapa berita dari media sosial! Meskipun penting untuk berhati-hati dan menghindari berita yang belum diketahui kebenarannya, (terutama dengan peristiwa tragis), menyampaikan berita dan topik yang sedang hangat memberikan peluang besar menarik minat percakapan pada video kamu

Penelitian menunjukan bahwa video berita adalah jenis video berkinerja terbaik di Twitter. dan banyak para wartawan yang menggunakan twitter sebagai referensi berita besar atau sebuah kejadian yang s sedang berlangsung.

10. Tutorials/How-Tos

Terakhir tetapi tetapi juga tidak kalah penting adalah video tutorial. Jenis konten ini sebenarnya adalah salah satu konten online yang paling dicari.

Namun kamu harus hati hati dengan durasi tutorial yang akan kamu buat misalnya video tentang pertukangan, perlu diingat tidak ada yang akan menonton video pertukangan selama 40 menit di Facebook, namun bila dilakukan dengan benar dan durasi yang tepat, video ini bisa akan sangat sukses.

Tips Video Untuk Media sosial

Diatas kami sudah membagikan beberapa contoh berbagai jenis video untuk media sosial. namun perlu diingat semua video media sosial yang baik memiliki beberapa kesamaan yang dapat kita pelajari untuk membuat video yang lebih baik pada platform media sosial apa pun. berikut beberapa tips agar video untuk sosial media kamu lebih manarik lagi

Baca Juga  Ini Rahasia Jadi Populer di Youtube! Youtuber Wajib Tahu Bocoran Dari Google Indonesia

Menghibur, menginspirasi atau mendidik: Aturan nomor satu adalah kamu harus membuat video yang bertujuan untuk mendidik, menghibur, atau menginspirasi.

Menarik perhatian: Jika video kamu tidak menarik dalam beberapa detik pertama, penonton akan berhenti menonton kelanjutan video kamu. Buat judul yang menarik dan bertujuan untuk menarik perhatian pemirsa dalam 3 detik pertama.

Tanpa suara: Pastikan video yang kamu buat dapat dimengerti dengan baik meskipun tanpa suara (sebagian besar video di media sosial dibisukan hingga pengguna tidak mendengar suara). Jika kamu ingin orang lain mendengarkan, dorong penonton untuk mengaktifkan tombol suara dalam deskripsi atau keterangan video.

Tambahkan keterangan: Banyak video yang sukses dengan tanpa suara atau hanya teks. Tetapi jika dialog adalah suatu keharusan pada video kamu, tambahkan teks sehingga pemirsa dapat mengikuti.

Video Pendek: Video pendek cenderung memiliki kinerja lebih baik di media sosial. video dengan durasi 2-3 menit adalah durasi terbaik untuk Facebook dan Twitter. Instagram hanya memungkinkan video hingga satu menit.

Coba angle baru: coba video dengan menggunakan drone, tampilan 360 °, kamera aksi Go-Pro buat video yang memberikan pengalaman baru menonton video dari sudut pandang yang berbeda.

Baca Juga  Tips Mengetahui Akun Facebook Kamu di Retas Atau Tidak

Unggah video asli: Dengan platform instagram Instagram kita tidak memiliki banyak pilihan, tetapi Facebook Twitter kita dapat membagikan tautan video yang dihosting di situs lain (biasanya YouTube) atau kita dapat juga mengunggah file video secara langsung, yang kami sebut ‘ video asli. Algoritma Facebook memprioritaskan video asli, artinya video kamu lebih mungkin dilihat orang jika diunggah secara asli.

Ada begitu banyak tips tips membuat video menarik yang sudah kami mahas pada website ini misalnya cara membuat video Hyperlapse untuk mempercepat interval waktu atau video stop motion, kamu juga dapat menggunakan pengaturan Timelapse atau Slo-mo pada bawaan pada kamera iPhone .

Latest articles

Apa itu LUT?

LUT atau “Lookup Table” adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah nilai input RGB ke nilai output RGB yang berbeda.

Wajib Tau, Bahas Isu Virus Corona Youtuber Tidak Akan Mendapat Bayaran Dari Iklan

Semua orang sepertinya ingin membicarakan tentang wabah virus corona, buat teman teman bikin konten terutama YouTuber sebaiknya hindari subjek ini -...

Facebook Berdayakan AI Untuk Mendeteksi Miliaran Akun Palsu

Facebook membuka informasi tentang alat yang digunakan untuk memerangi pembuatan akun palsu pada platform mereka, Facebook mengatakan memiliki metode...
44,2k Pengikut
Mengikuti

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

My title