5 Langkah Mudah Memperbaiki File Video Yang Rusak di Android

Apa jadinya jika video momen penting rusak atau corrupt? Tentu membuat kamu kecewa panik dan bingung karena videonya tidak dapat diputar. Untuk itu saya   menyarankan kamu tidak langsung menghapus video itu  dari smartphone kamu. Karena Masih bisa diperbaiki.

Penyebab file Video  Rusak

sebelum kita mulai mari kita bahas sedikit mengapa file video bisa rusak atau corrupt,

Ada banyak faktor penyebab terjadinya hal itu. Biasanya karena kesalahan ketika download, kehilangan codec, atau struktur video rusak setelah recovery data.

Tapi yang sering terjadi pada ponsel khususnya Android adalah video rusak karena kehabisan baterai ketika merekam video, kehabisan RAM ketika menyimpan video, atau kesalahan pada aplikasi ketika merekam layar contohnya screen recording atau aplikasi kamera lainya.

Setelah anda mengetahui penyebabnya sekarang lanjut ke langkah-langkah memperbaiki video yang rusak tidak bisa diputar.

Cara memperbaiki file video yang rusak di android, tergolong mudah. Namun sayangnya memiliki kelemahan, yaitu terbatas untuk format MP4 saja. Tapi nggak masalah sih, toh rata-rata saat ini format video adalah MP4. Berikut langkah langkah memperbaikinya

1. langkah pertama download dan install aplikasi MP4Fix video repair tool

aplikasi ini gratis dan bisa di download melalui link ini : MP4Fix Video Repair Tool

2. buka dan instal aplikasi MP4Fix video repair tool

Setelah download dan diinstall,video yang rusak atau  corrupt akan otomatis muncul saat aplikasi ini di buka.  Aplikasi ini mampu mendeteksi video mana yang rusak dan masih bisa diperbaiki.

3. Pilih Video yang Akan Diperbaiki

Pilih video yang rusak tadi, ketika muncul menu “more information required”, pilih video yang bagus dan bisa diputar

Baca Juga  Panduan Render Adobe Premiere Pro: How-to untuk Pemula
Baca Juga  Download LUT Gratis Untuk Editing Video

Sebagai Catatan,  aplikasi ini membutuhkan video yang bagus untuk dijadikan referensi / rujukan mereka dalam memperbaiki file rusak video. Bisa diktakan untuk melihat struktur video yang bagus untuk diterapkan pada video rusak tadi.

Jika kamu tidak memiliki video yang bagus, maka buat saja video asal untuk sekedar sampel. Tidak perlu lama-lama, 5 detik saja cukup namun dengan catatan antara video yang rusak dengan video yang bagus itu harus dibuat dengan aplikasi yang sama, settingan yang sama, atau kamera yang sama. Supaya hasilnya benar-benar bagus untuk dijadikan rujukan dalam perbaikan video tersebut.

4. Pilih Select

Setelah membuat video yang bagus sebagai rujukan, maka selanjutnya Pilih select dan cari contoh video yang bagus tadi dari galeri / memori ponsel android kamu

5. Pilih tombol Repair

Terakhir tekan tombol Repair dan tunggu aplikasi ini mulai memperbaiki video yang rusak

lamanya tergantung dari durasi video yang kamu perbaiki. Bisa 15 menit hingga 1 jam

 

Jika proses perbaikan video sudah selesai, pilih “Save”. Selesai, video kamu yang rusak telah diperbaiki.

 

Perlu diketahui bahwa untuk ponsel Android, aplikasi untuk memperbaiki video rusak atau yang corrupt ini belum banyak. Lain halnya software untuk memperbaiki video di PC, sehingga aplikasi ini benar-benar perlu kita  miliki.

MP4Fix sejatinya dirancang untuk memperbaiki video yang dibuat dengan kamera ponsel android. Namun tidak menutup kemungkinan bisa dipakai untuk memperbaiki video hasil download dari internet, dengan catatan yang sudah disinggung di atas (lihat poin 3).

Nah Dengan cara sederhana ini, sekarang nggak ada lagi istilah video rusak . Karena cara memperbaiki file video yang rusak di android ini Jaka yakin bisa dilakukan oleh semua orang. Selamat mencoba!

Baca Juga  8 Aplikasi pengeditan foto Instagram terbaik
Baca Juga  Panduan Render Adobe Premiere Pro: How-to untuk Pemula

Recent Articles

Panduan Lengkap – Camera shot, Angles dan Perspektif

Pemilihan sudut kamera dengan dengat tepat akan memengaruhi reaksi audiens dan interpretasi tentang apa yang disajikan dalam layar.

Ponsel Black Market Resmi di Blokir, cek Imei Sebelum Membeli

Mulai tanggal 15 September 2020, Pemerintah Indonesia memberlakukan pemblokiran ponsel black market (BM) melalui identifikasi nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI). handphone,...

Google mengumumkan paket hardware Meet, untuk ruang konferensi

Google dengan cepat memperbarui perangkat lunak konferensi video Google Meet-nya, karena pandemi COVID-19 berarti lebih banyak orang mengandalkannya . Baru baru ini,...

5 Trik Visual Storytelling : Membangun Karakter

Content creator sering bertanya "apa itu visual storytelling"?, Visualstorytelling adalah seni mengkomunikasikan ide, konsep, informasi, secara runtun, efektif melalui media visual agar...

85% Ekstensi Pada Browser Chrome Tidak Memiliki Kebijakan Privasi

Beberapa browser terkenal seperti Google Chrome menyediakan ekstensi, di mana fitur ini berguna bagi mereka yang ingin menggunakan pemblokir iklan, pintasan, menyimpan...

Stay on op - Ge the daily news in your inbox

Related Stories

1 Comment

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here