3 Hal Dasar Yang Harus kamu Ketahui Tentang Fotografi dan Videografi

Fotografi dan Videografi mungkin dua hal yang berbeda, tetapi ada banyak kesamaan. Di kedua bidang ini, ada hal-hal dasar yang harus di ketahui.

Artikel ini akan membahas hal-hal dasar yang dapat diterapkan pada fotografi dan videografi.

Eksposur

Cahaya adalah hal utama dalam fotografi, sementara videografi berfokus pada gerakan. Tetapi cahaya juga sangat penting dalam videografi.

Setiap kali pemgambilan gambar, pastikan bahwa pencahayaannya bagus. Subjek dan objek yang pencahayaannya buruk tidak akan pernah terlihat bagus, jadi pencahayann adalah salah satu elemen yang harus kamu kuasai agar menjadi baik di kedua bidang ini.

Kelas kelas fotografi dan pada tingkat dasar biasanya berfokus pada segitiga eksposur, untuk menguasai ketiga aspek pencahayaan (aperture, kecepatan rana, dan ISO) yang menjadi prioritas pertama.

Memegang Kamera

Banyak orang memiliki masalah dengan cara memegang kamera dengan benar. Memegang kamera dengan benar berarti meminimalkan guncangan sebanyak mungkin,

Penonton video tentu tidak nyaman dengan video yang bergoyang tanpa aturan, dan foto yang diambil dengan camera bergoyang tentu menghasilkan bias cahaya atau fokus yang sangat menggangu. jadi sangat penting bagi fotografer dan videografer untuk meminimalkan guncangan saat mengambil foto atau merekam video. Tapi bagaimana cara meminimalkan goncangan? Jelas, kuncinya adalah berlatih, namun, ada beberapa teknik yang dapat kamu terapkan misalnya mendekatkan lengan ke tubuh kamu, memastikan kestabilan posisi berdiri kamu. Ini akan menghasilkan gerakan minimal dan meminimalkan guncangan kamera.

The Rule of Third

Komposisi adalah penempatan setiap elemen di dalam foto dan video kamu. Jika komposisi buruk, kita dapat mengatakan bahwa foto atau video itu diambil oleh seseorang yang kurang berpengalaman.

Saat kamu menguasai komposisi, kamu pasti akan mampu menghasilkan foto keren dari berbagai lokasi, subjek, atau objek apa pun.

Tetapi bagaimana cara menguasai komposisi? Kuncinya adalah memahami aturan komposisi. Aturan pertiga adalah teknik di mana kamu membagi frame foto atau video menjadi tiga bagian menggunakan dua garis vertikal dan dua garis horizontal. Di antara salah satu dari empat titik persimpangan adalah posisi kita menempatkan objek, subjek, di dalam frame kita.

Perspektif

Ada tiga aspek utama perspektif dalam videografi dan fotografi yaitu ketinggian, sudut, dan jarak. Semua orang melihat dunia dari perspektif mata. Agak membosankan tapi itu adalah sudut pandang alami mata manusia untuk setiap objek, subjek, atau lokasi.

Salah satu cara untuk berbaur dengan perspektif adalah menggunakan ketiga aspek tersebut saat mengambil gambar atau merekam video. misalnya kamu dapat mengubah perspektif dengan posisi pengambilan dari bawah ( low angle) (mengubah ketinggian), mengambil dari samping (mengubah sudut Anda), dan mendekat atau menjauh (mengubah jarak).

Jika kamu mempelajari cara menggabungkan ketiga aspek ini, kamu pasti dapat menambahkan kualitas hasil karya gambar dan video kamu.

nah bagi kamu yang ingin memperdalam ilmu photography dan videography, bisa mencoba tips tips diatas jangan lupa berikan komentar dan tunjukan karya kamu melalui kolom komentar di bawah.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here