Cara Pakai Filter AR InstaStories Baru di Instagram

Instagram kini punya banyak filter AR baru di platformnya. Hal ini dimungkinkan karena media sosial itu telah membebaskan penggunanya untuk membuat filter Augmented Reality (AR) sendiri.

Setelah dibuat, filter AR ini bisa dipublikasikan di Instagram. Sehingga, filter tersebut bisa digunakan juga oleh orang lain. Filter AR ini bisa digunakan untuk mengeposkan video di Instagram Stories alias InstaStories.

Untuk dapat mempublikasikan filter AR, pengguna Instagram harus membuatnya terlebih dahulu melalui salah satu tool milik Facebook yaitu Spark AR. Tool tersebut bisa diunduh secara gratis melalui website Spark AR Studio.

Sementara bagi pengguna yang ingin langsung menggunakan filter tanpa perlu repot-repot membuat, bisa tetap menggunakan filter yang telah dipublikasi oleh para kreator komunitas Spark AR.

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk memakai fitur itu, berikut cara pakainya.

Cara pertama



Untuk menggunakan filter buatan para kreator pilih browse more effect di opsi stiker. (Screenshot via Instastories)

1. Buka Instagram Stories
2. lalu klik ‘browse more effects‘ yang ada di akhir kumpulan efek stiker buatan Instagram.
3. Pilih filter melalui kategori yang disediakan di bagian atas
4. Klik pada filter yang ingin digunakan, lalu pilih “Try It” yang ada di bagian kiri bawah

Cara kedua


Kalau suka dengan kreator tertentu, bisa juga mengunjungi profil Instagram mereka dan mencoba filter AR yang mereka buat (Screenshot via Instastories)

1. Buka salah satu profil kreator filter AR yang disukai,
2. Buka Filter Gallery yang berada di tengah kolom feeds dan tag photos
3. Pilih filter yang ingin digunakan lalu klik pada “Try It” di kiri bawah

Baca Juga  Tahun 2020 : 50 persen orang akan menonton siaran televisi melalui smartphone dan VR
Baca Juga  Tahun 2020 : 50 persen orang akan menonton siaran televisi melalui smartphone dan VR

Fitur filter AR ini sudah dapat digunakan sejak 2018 lalu. Namun hanya berlaku versi beta tertutup komunitas Spark AR juga beberapa tokoh dan brand ternama seperti Kylie Jenner, Ariana Grande, NBA, dan Gucci.

Facebook menyebut filter baru ini sudah dipakai lebih dari satu miliar orang. Dengan makin mudahnya membuat filter AR, Facebook berharap akan makin banyak kreator-kreator pembuat filter AR bermunculan.

Bikin filter sendiri

Pengguna Instagram bisa membuat filter AR (Augmented Reality) sendiri. Caranya dengan mengunduh Spark AR. Software ini hanya bisa digunakan untuk perangkat PC.

Untuk memulai, Spark AR menyediakan bermacam tutorial di situsnya bagi para kreator yang ingin membuat filter AR. Misalnya seperti cara membuat filter dengan tekstur animasi 2D, objek 3D, Animated face mask, hingga cara memasukan audio juga tersedia.

Filter AR yang sudah selesai dibuat harus melalui sejumlah tahap sebelum dapat dipublikasikan ke Facebook maupun Instagram. Seluruh filter harus dipastikan telah memiliki standar ketentuan yang berlaku lalu diunggah melalui Spark Hub.

Setelah masuk ke Spark Hub, kreator akan diminta untuk memilih ke mana filter tersebut akan diunggah. Namun saat ini Facebook belum mengizinkan untuk mengunggah filter yang sama ke Facebook dan Instagram.

Selanjutnya seluruh efek dapat digunakan publik setelah ditinjau Facebook terlebih dahulu. Kreator dapat menentukan waktu dan tanggal efek tersebut akan dapat digunakan.

 

Latest articles

Apa itu LUT?

LUT atau “Lookup Table” adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah nilai input RGB ke nilai output RGB yang berbeda.

Wajib Tau, Bahas Isu Virus Corona Youtuber Tidak Akan Mendapat Bayaran Dari Iklan

Semua orang sepertinya ingin membicarakan tentang wabah virus corona, buat teman teman bikin konten terutama YouTuber sebaiknya hindari subjek ini -...

Facebook Berdayakan AI Untuk Mendeteksi Miliaran Akun Palsu

Facebook membuka informasi tentang alat yang digunakan untuk memerangi pembuatan akun palsu pada platform mereka, Facebook mengatakan memiliki metode...
44,2k Pengikut
Mengikuti

Related articles

Baca Juga  Tahun 2020 : 50 persen orang akan menonton siaran televisi melalui smartphone dan VR

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

My title