Review: PANASONIC LUMIX DC-G95 G95 Mirrorless Hybrid Untuk Para Vloggers

0
304

PANASONIC LUMIX DC-G95adalah jawaban untuk kamera hybrid serbaguna yang mumpuni untuk kebutuhan foto dan video.

G95 menawarkan kualitas gambar yang sangat baik, video yang luar biasa dengan kinerja yang luar biasa, dan yang paling menarik, semua fasilitas ini ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Nah menurut kami, G95 adalah salah satu pilihan yang sangat cocok untuk teman teman content kreator seperti kalian yang sedang mencari mid-range kamera yang kuat dan ergonomi mantap, dengan kualitas gambar yang baik dan kemampuan merekam video yang mumpuni, serta yang paling penting ramah di kantong, jawabannya ada pada Panasonic G95

Untuk mengenal lebih jauh apakah G95 kamera yang tepat buat kebutuhan kamu yuk Temukan di ulasan Panasonic G95 berikut.

Desain & Body

Beberapa kamera dirancang untuk pecinta fotografi dan beberapa yang lain ditujukan untuk videografer. PANASONIC LUMIX DC-G95 adalah gabungan dari keduanya,

Panasonic G95 terbuat dari magnesium-alloy yang tahan cuaca terhadap debu dan percikan api dan memiliki berat kurang lebih 500 gram dengan dimensi 5,12 x 3,7 x 3,03 inci ukuran yang ringkas untuk berbagai kebutuhan foto dan video, G95 juga menempatkan tombol serta kontrol dial yang terletak pada posisi yang mudah dijangkau,

Fitur

Lumix G95 menawarkan dua tombol perintah kamera, terletak pada roda jempol joy stick dibelakang yang yang dapat digunakan untuk beralih fungsi. Dua fungsi ini dapat di atur pada opsi ‘Dial Operation Switch Setup’.

Pilihan yang dapat dialihkan ke salah satu dial adalah:

Jika teman teman konten creator tidak membutuhkan salah satu dari fungsi-fungsi ini,kita dapat menggunakannya sebagai tombol fungsi standar.

Camera ini juga dilengkapi Layar LCD 3 inci fleksible dengan teknologi layar sentuh. fitur inilah yang membuat kamera ini begitu populer di kalangan vloggers.

Baca Juga  Ini Dia SD Card 1 TB Pertama di Dunia

Banyak konten creator setuju bahwa kamera ini memiliki ergonomi yang sangat baik. Desain kamera sangat mirip dengan pendahulunya – PanasonicG 85. Namun, ada beberapa peningkatan fitur di G95 misalnya fitur  bluetooth untuk mempercepat pengiriman foto/video ke ponsel, dan bisa di charge langsung dengan kabel usb (micro)

jack mikrofon, kini dipindahkan ke lokasi yang lebih nyaman, sementara ISO, white balance, dan tombol dial eksposure diletakkan pada bagian atas kamera, tepat di dekat tombol Shutter.

G95 dilengkapi dengan paket baterai DMW-BLC12 dan dengan pengisian penuh, dapat menghasilkan sekitar 290 gambar. Jika ini tidak cukup, kamera ini kompatibel dengan pegangan vertikal DMW-BGG1 yang tahan cuaca dan dapat membawa baterai tambahan. yangpastinya dapat menggandakan durasi baterai.

Auto ISO

G95 memiliki kemampuan ISO Otomatis (dengan kompensasi pencahayaan) mode manual, sangat mumpuni baik digunakan untuk foto maupun video. Dalam semua mode semi-otomatis, kita akan mendapatkan pilihan, mode ISO Otomatis atau [i] ISO, dimana G95 secara cerdas memilih pengaturannya berdasarkan analisis gerakan subjek.

Kita juga dapat menentukan rentang nilai ISO yang akan digunakan serta menentukan kecepatan rana minimum

Auto Focus

Performa autofokus G95 cukup mengesankan. dengan penyesuaian fokus yang cepat dan halus. Meskipun hanya menggunakan AF deteksi kontras, G95 terbukti fokus cukup cepat, ditenggarai berkat teknologi AF cepat berbasis DFD dan sistem perhitungan AF 240fps yang cepat.

Sistem AF berbasis kontak-deteksi memang memiliki beberapa kelemahan, karena menghasilkan efek goyangan saat kamera mengukur fokus. Ini berlaku pada semua kamera berbasis CDAF,sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah tetapi bisa sedikit mengganggu ketika menggunakan C-AF, karena kamera akan terus menerus menghasilkan efek goyangan sambil secara aktif menyesuaikan fokus.

Baca Juga  Perlukah content creator Memahami "Komputasi Awan"- Cloud?

Kualitas Video

Sekarang, mari kita lihat mengapa para DOP dan videografer suka menggunakan kamera ini.

Pertama-tama, Panasonic G95 mampu merekam video 4K UHD (3.840 x 2.160) hingga 30 frame per detik, dan menawarkan perekaman hingga 120 frame per detik dalam format Full HD (1.920 x 1.080) ini memungkinkan kita membuat shoot slow motion yang dengan sangat apik.

Pengguna dapat memilih antara AVCHD codec, yang hanya mendukung perekaman film Full HD, dan MP4, yang mendukung 4K, Full HD dan HD, Perlu di ingat untuk merekam pada 30 fps dengan bit rate 10Mbps diperlukan Kartu UHS Speed ​​Class 3 dan untuk perekaman.

Yang agak disayangkan dari G95 adalah saat merekam video 4K, ada crop effect 1.26x

Seperti tercantum dalam manual pengguna, G95 Tidak memiliki batas waktu perekaman maksimum, namun klip dibatasi hingga 4GB, di mana titik file dibagi dan klip baru dimulai. kita dapat memeriksa waktu yang dapat direkam di layar monitor. Meski demikian untuk rekaman yang terus menerus sensor internal dapat mendeteksi suhu,jika suhu terlalu tinggi G95 memberi signal peringatan bahwa rekaman mungkin perlu dihentikan.

Untuk menghasilkan warna dan detail yang lebih baik G95 didukung oleh sensor baru micro four thirds 20.3 MP yang lebih baik dari G85. Selain kecepatan autofokus yang lebih cepat, G95 menggunakan sistem stabilisasi gambar 5-sumbu terbaru dari Panasonic, Dual IS II fitsur ini disematkan untuk meminimalkan guncangan kamera dan menstabilkan rekaman video. fitur ini juga diklaim mampu memperpanjang kecepatan rana yang dapat dipegang dengan tangan hingga 5 stop

Fitur lain yang membuat kamera ini luar biasa untuk video adalah V-LogL (4: 2: 0 8-bit). Selain itu, kamera ini mampu menghasilkan video 8-bit 4: 2: 2 melalui port HDMI.

Baca Juga  5 Kamera Terbaik untuk Travelling

Seperti yang telah kami sebutkan, kamera ini memiliki layar LCD fleksibel yang sangat nyaman untuk vloggers, sementara untuk kontrol yang audio kita dapat memasang eksternal mikrofon dan headphone.

Perbandingan

Untuk perbandingan u kami mengadu hasil uji lab Lumix G95 denganbeberpa rival utama pada kelas yang sama

Sensor 20MP baru dari Panasonic membuktikan bahwa G95 memiliki apa yang diperlukan untuk menghasilkan gambar yang bersih dan lebih dari sekadar bertahan melawan Sony A6400 dan Canon EOS M50.

G95 juga unggul untuk rentang dinamis, ini membuktikan ukuran sensor MFT tidak lagi menjadi tolak ukur dalam persaingan pada kelas APS-C. Kinerja Panasonic pada ISO tinggi sangat mengesankan,

Menariknya, sensor 24-megapiksel di Sony A6400 hanyasedikit lebih baik di banding Panasonic G95 cocok dan Fujifilm X-T30

Kesimpulan kami, Secara keseluruhan,G95 menawarkan video berkualitas tinggi dan sejumlah fitur yang menyenangkan untuk pengguna menengah. untuk mengetahui spesifikasi lengkap . PANASONIC LUMIX DC-G95 check disini,

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here