Apa itu LUT?

LUT atau “Lookup Table” adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah nilai input RGB ke nilai output RGB yang berbeda.

Secara teknis LUT sering digunakan untuk mengubah data gambar dari satu ruang warna ke ruang warna lainnya. LUT juga digunakan untuk menerapkan transformasi warna khusus yang sering kita sebut sebagai “look”saat melakukan grading warna.


Secara teknis ada dua jenis LUT yaitu 1D dan 3D LUT, perbedaannya adalah LUT 1D hanya Merubah warna pada saluran warna tunggal yaitu RGB sedangkan LUT 3D adalah kubus seperti matriks yang mencakup transformasi untuk ketiga saluran warnapada semua kombinasi.

Dalam artikel ini kami akan mengulas LUT 3D secara lebih salam karena LUT ini adalah jenis yang paling umum, dan paling sering apa yang maksud dengan istilah “LUT”

selebum membahas lebih jauh, untuk memahami LUT kita perlu memahami ruang warga atau coplor space .

Ruang Warna, Model Warna dan Pemetaan

Ruang warna adalah organisasi warna tertentu. Dalam kombinasi dengan profil perangkat fisik, kombinasi profile ini asalah representasi warna yang dapat direproduksi oleh camera , baik dalam representasi analog maupun digital.

Apa yang biasa kita sebut sebagai “ruang warna” mengacu pada model warna tertentu dan fungsi pemetaan yang merujuk pada ruang warna absolut.

Sedangkan Ruang warna absolut adalah sebuah referensi yang mencakup seluruh spektrum warna yang terlihat yang memiliki model warna dan fungsi pemetaan tertentu , yang dikenal sebagai “gamut”. Semakin luas gamut, semakin banyak warna yang dihasilkan pada spektrum representasi ruang warna.

Disini lah LUT Digunakan untuk mengubah data gambar dari satu ruang warna ke ruang warna lain dengan menetapkan kembali nilai dari ruang warna sumber ke nilai yang benar di ruang warna tujuan.

Memetakan dan Mengubah Nilai RGB

Saat teman teman creator bermain dengan LUT atau ruang warna, pada dasarnya teman teman sedang memetakan atau mengubah nilai RGB.

Pada LUT 3D akan berisi sejumlah besar data jika memiliki kombinasi input dan output yang sesuai untuk setiap set koordinat tunggal, jadi alih-alih menggunakan sejumlah titik koordinat yang tetap, biasanya 17 x 17 x 17 dengan titik-titik lain diinterpolasi di antaranya.

Sederhananya , LUT adalah tabel referensi yang menentukan nilai output RGB untuk setiap nilai input RGB yang diberikan. Tentu saja jika teman teman kreator menggali lebih dalamt terlihat rumit tetapi pemahaman dasar tentang fungsinya ini akan membuat kita mampu mengatur dan menggunakan LUT dengan benar dalam alur kerja, baikk saat shooting atau di editing .

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here